Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

Ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2,3,4,5,8,9

19.30 Posted by Harri Pranata , No comments
1. CIRI-CIRI BILANGAN YANG HABIS DIBAGI 2
Suatu bilangan habis dibagi 2, jika angka terakhirnya adalah nol atau bilangan-bilangan genap
Bilangan genap : 2, 4, 6, 8
Contohnya  : 46,1000, 7458, dsb
2. CIRI-CIRI BILANGAN YANG HABIS DIBAGI 3

Suatu bilangan habis dibagi 3, jika jumlah angka angkanya habis dibagi 3

Contohnya : 5343 => 5 +3+6+3 = 15 hbis dibagi 3


3. CIRI-CIRI BILANGAN
YANG HABIS DIBAGI 4
suatu bilangan habis dibagi 4, jika angka yang terakhir adalah 00 atau bilangan kelipatan 4 (jika bilangan genap)

contoh : 48,100, 72, dsb

4. CIRI-CIRI BILANGAN
YANG HABIS DIBAGI 5
Kalau yang ini sangat mudah teman-teman.

Suatu bilangan habis dibagi 5, jika angka terakhir adalah 0 dan 5
contoh : 5370-> angka terakhirnya 0
8565-> aangka terakhirnya 5


5. CIRI-CIRI BILANGAN
YANG HABIS DIBAGI 8
suatu bilangan habis dibagi 8, jika 3 angka terakhirnya adalah 000 atau habis dibagi 8

contoh : 248, 1000, 200


6. CIRI-CIRI BILANGAN
YANG HABIS DIBAGI 9
Suatu bilangan habis dibagi 9, jika jumla angka-angkanya merupakan kelipatan dari 9

contoh : 

5 3 1 => 5+3+1 = 9
8 9 1 => 8+9+1 = 18


7. CIRI-CIRI BILANGAN
YANG HABIS DIBAGI 10
Mudah kok ciri angka yang habis dibagi 10 suatu bilangan habis dibagi 10, jika angka satuannya nol

contoh : 100, 5000, 2270


8. CIRI-CIRI BILANGAN
YANG HABIS DIBAGI 11
suatu bilangan habis dibagi 11, jika selisih dari jumlah angka-angka ditempat ganjil dan jumlah angka-angka ditempat genap adalah 0 atau 11

contoh : 6 9 3 => (6+3) - 9 = 0
9680 => (9+8) - (6+0) = 11

9. CIRI-CIRI BILANGAN
YANG HABIS DIBAGI 25
Suatu bilangan habis dibagi 25, jika 2 angka terakhir adalah 00 atau 25 atau 50 atau 75

Contoh angka : 200, 325, 450, 575, dsb.

10. CIRI-CIRI BILANGAN
YANG HABIS DIBAGI 50
Suatu bilangan habis dibagi 50, jika 2 angka terakhir adalah 00 atau 50

Contoh angka : 350, 200, 2500 dsb

11. CIRI-CIRI BILANGAN
YANG HABIS DIBAGI 100 Suatu bilangan habis dibagi 100, jika 2 angka terakhir adalah 00
Contoh angka : 400, 1000, 10000


Gampangkan? Jadi kamu gak terlalu repot untuk mencari faktor dari suatu bilangan jika menggunakan cara-cara di atas.

Konversi Satuan Panjang, Luas, Volume, dan Berat

13.55 Posted by Harri Pranata , No comments
Ingatlah jenis-jenis satuan di bawah ini, agar kamu dapat mengerti dan mengerjakan soal-soal matematika dengan baik. Jadi ketika ada yang bertanya 1 mil berapa m?
1 hektar berapa m2? kamu tidak bingung lagi.
 
A. Satuan Ukuran Panjang
- 1 inch / inchi / inc / inci = sama dengan = 25,4 mm
- 1 feet / ft / kaki = sama dengan = 12 inch = 0,3048 m
- 1 mile / mil = sama dengan = 5.280 feet = 1,6093 m
- 1 mil laut = sama dengan = 6.080 feet = 1,852 km

1 mikron = 0,000001 m
1 elo lama = 0,687 m
1 pal jawa = 1.506,943 m
1 pal sumatera = 1.851,85 m
1 acre = 4.840 yards2
1 cicero = 12 punt
1 cicero = 4,8108 mm
1 hektar = 2,471 acres
1 inchi = 2,45 cm

B. Satuan Ukuran Luas
- 1 hektar / ha / hekto are = sama dengan = 10.000 m2
- 1 are = sama dengan = 1 dm2
- 1 km2 = sama dengan = 100 hektar

C. Satuan Ukuran Volume / Isi
1 liter / litre = 1 dm3 = 0,001 m3

D. Satuan Ukuran Massa / Berat
- 1 kuintal / kwintal = sama dengan = 100 kg
- 1 ton = sama dengan = 1.000 kg
- 1 kg = sama dengan = 10 ons
- 1 kg = sama dengan = 2 pounds

- 1 kg sama dengan 10 hg
- 1 kg sama dengan 1.000 g
- 1 kg sama dengan 100.000 cg
- 1 kg sama dengan 1.000.000 mg
- 1 g sama dengan 0,1 dag
- 1 g sama dengan 0,001 kg
- 1 g sama dengan 10 dg
- 1 g sama dengan 1.000 mg

- 1 km2 sama dengan 100 hm2
- 1 km2 sama dengan 1.000.000 m2
- 1 km2 sama dengan 10.000.000.000 cm2
- 1 km2 sama dengan 1.000.000.000.000 mm2
- 1 m2 sama dengan 0,01 dam2
- 1 m2 sama dengan 0,000001 km2
- 1 m2 sama dengan 100 dm2
- 1 m2 sama dengan 1.000.000 mm2

- 1 km3 sama dengan 1.000 hm3
- 1 km3 sama dengan 1.000.000.000 m3
- 1 km3 sama dengan 1.000.000.000.000.000 cm3
- 1 km3 sama dengan 1.000.000.000.000.000.000 mm3
- 1 m3 sama dengan 0,001 dam3
- 1 m3 sama dengan 0,000000001 km3
- 1 m3 sama dengan 1.000 dm3
- 1 m3 sama dengan 1.000.000.000 mm3

Mohon dikoreksi jika konversi satuan di atas terdapat kesalahan. Okey??

Daftar Istilah Genetika Pada Makhluk Hidup

17.30 Posted by Harri Pranata , No comments
Untuk mempelajari materi pewarisan sifat, hendaknya kita mengetahui istilah-istilah umum yang sering digunakan dalam pelajaran Biologi kelas XII ini.
Di bawah ini adalah beberapa Istilah yang sering digunakan dalam Pewarisan Sifat dan Persilangan

Kromosom adalah struktur benang yang ada di dalam inti sel yang tugasnya bertanggung jawab dalam hal sifat keturunan (hereditas). Yang Tersusun atas sentromer dan lengan kromosom.

Gen atau disebut dengan istilah “substansi hereditas” yang terletak berada di dalam kromosom.

Genotipe adalah suatu sifat dasar yang tidak tampak serta bersifat tetap pada individu. Genotipe itu disimbolkan dengan simbol huruf yang diambil dari huruf paling depan dari sifat yang dimiliki oleh individu yang dipersilangkan.

Alel adalah gen yang mempunyai suatu pengaruh berlawanan.
Misalnya, T menentukan sifat tinggi pada suatu tanaman, sedangkan t mencerminkan batang pendek. Dengan demikian, T dan t adalah alel satu terhadap yang lain.

Fenotipe merupakan sifat-sifat yang tampak pada suatu individu serta dapat diamati dengan 5 panca indra. Misalnya seperti warna bunga kuning, rambut keriting, rambut lurus, tubuh besar, badan tinggi, hidung pesek, kulit sawo matang, dan buah besar.

Dominan merupakan salah satu sifat suatu individu yang dalam proses persilangannya mengalahkan atau menutupi pemunculan sifat individu lain dalam persilangan.

Sifat resesif merupakan sifat kebalikan dari sifat dominan, yaitu sifat suatu individu yang tidak muncul dalam keturunannya karena terkalahkan atau tertutupi oleh pemunculan sifat sejenis dari individu lain dalam persilangan.

Intermediet adalah sifat suatu individu yang pemunculannya merupakan gabungan antara sifat kedua induk yang dipersilangkan.

Hibrida punya arti sebagai hasil perkawinan antara dua individu yang punya sifat berbeda.
Ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan.

a. Persilangan monohibrida, merupakan persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda.

b. Persilangan dihibrida, yaitu persilangan antara dua individu dengan dua
sifat beda.

c. Fl : Hasil persilangan pertama (keturunan pertama)

d. F2 : Hasil persilangan kedua (keturunan kedua)

e. P : Parental/induk/orang tua

Apalagi ya istilah-istilah yang sering digunakan?

Contoh Soal Persamaan Akuntansi

13.35 Posted by Harri Pranata , No comments
Binatu "Putih Bersih"dimiliki dan dikelola oleh JR. Gedung dan peralatan kantor yang digunakan adalah sewaan karena sedang menunggu perluasan fasilitas baru. Pekerjaan binatu sebenarnya dikerjakan oleh binatu lain dengan harga grosir. Aset dan kewajiban perusahaan per 1 November 2010 adalah sbb :

Kas Rp. 18.000.000, Piutang Usaha Rp. 10.000.000. Bahan habis pakai Rp. 3.550.000, Tanah Rp. 40.000.000, Utang Usaha Rp. 9.500.000. Transaksi bisnis selama bulan November dirangkum sbb :

a. JR menmbah investasi di perusahaan dengan setoran Rp. 45.000.000 di rek. Bank perusahaan.

b. Membeli tanah untuk digunakan sebagai area parkir dengan membayar tunai Rp. 25.000.000.

c. Membayar sewa tempat untuk bulan berjalan Rp. 4.000.000.

d. Mendapat imbalan atas jasa binatu pada langganan yang dicatat sebagai piutang usaha sebesar Rp 15.000.000.

e. Membayar ke kreditor untuk melunasi utang usaha Rp. 5.200.000.

f. Membeli bahan habis pakai secara kredit Rp. 2.500.000.

g. Menerima kas dari pelanggan atas jasa binatu Rp. 20.700.000.

h. Menerima kas atas piutang dari pelanggan Rp. 16.500.000.

i. Menerima tagihan bulanan untuk beban binatu bulan November (dibayarkan tanggal 10 Desember) Rp. 15.370.000.

j. Membayar beban berikut ini : beban gaji Rp. 5.300.000, beban truk Rp. 2.800.000, beban utilitas Rp. 1.500.000, beban lain-lain Rp. 800.000.

k. Setelah dihitung, sisa bahan habis pakai sebesar Rp. 2.000.000, berarti beban bahan habis pakai yang digunakan adalah Rp. 3.400.000.

l. Menari kas Rp. 5.000.000 untuk keperluan pribadi.



Soal :

1. Hitunglah jumlah modal JR per 1 November.

2. Hitunglah aset, kewajiban, dan ekuitas per 1 Nov. dalam bentuk persamaan.

3. Buatlah laporan laba rugi dan laporan ekuitas pemilik untuk bulan Nopember.

Teori Relativitas Khusus Albert Einstein

16.12 Posted by Harri Pranata , No comments
Apakah yang dimaksud dengan Relativitas ?
Relativitas klasik (yang diperkenalkan pertama kali oleh Galileo Galilei dan didefinisikan ulang oleh Sir Isaac Newton) mencakup transformasi sederhana diantara benda yang bergerak dan seorang pengamat pada kerangka acuan lain yang diam (inersia). Jika kamu berjalan di dalam sebuah kereta yang bergerak, dan seseorang yang diam diatas tanah (di luar kereta) memperhatikanmu, kecepatanmu relatif terhadap pengamat adalah total dari kecepatanmu bergerak relatif terhadap kereta dengan kecepatan kereta relatif terhadap pengamat.

Jika kamu berada dalam kerangka acuan diam, dan kereta (dan seseorang yang duduk dalam kereta) berada dalam kerangka acuan lain, maka pengamat adalah orang yang duduk dalam kereta tersebut.  Permasalahan dengan relatifitas ini terjadi ketika diaplikasikan pada cahaya, pada akhir 1800-an, untuk merambatkan gelombang melalui alam semesta terdapat substansi yang dikenal dengan eter, yang mempunyai kerangka acuan(sama seperti pada kereta pada contoh di atas).

Eksperimen Michelson-Morley, bagaimanapun juga telah gagal untuk mendeteksi gerak bumi relatif terhadap eter, dan tak ada seorangpun yang bisa menjelaskan fenomena ini. Ada sesuatu yang salah dalam interpretasi klasik dari relatifitas jika diaplikasikan pada cahaya…dan kemudian muncullah pemahaman baru yang lebih matang setelah Einstein datang untuk menjelaskan fenomena ini.

Teori Relativitas Khusus Albert Einstein
Pada tahun 1905, albert eintein mempubilkasikan (bersama dengan makalah lainnya) makalah yang berjudul, "On the Electrodynamics of Moving Bodies” atau dalam bahasa indonesianya kurang lebih demikian,”Elektrodinamika benda bergerak” dalam jurnal Annalen der physik. Makalah yang menyajikan teori relativitas khusus, berdasarkan dua postulat utama: 
Postulat Einstein  
Prinsip relativtas (pestulat pertama): Hukum-hukum fisika adalah sma untuk setiap kerangka acuan  Prinsip kekonstanan kecepatan cahaya

(postulat kedua): Cahaya dapat merambat dalam vakum (misalnya, ruang vakum, atau "ruang bebas”), kecepatan cahaya dinotasikan dengan c, yang konstan terhadap gerak benda yang meiliki radiasi.

Materi Biologi SMA kelas X : Virus

13.34 Posted by Harri Pranata 1 comment
I. Ukuran, Bentuk, dan Struktrur Virus

a. Ukuran Virus
Virus memiliki ukuran lebih kecil dari bakteri 30 nm – 300 nm (1nm = 10-9).

b. Struktur virus terdiri atas:
a.  Bagian pusat virus: mengandung AND atau ARN dikelilingi oleh selubung atau capsid dari protein.
b.  Capsid: dibangun oleh beribu-ribu molekul protein.
c.  Kapsomer : mempunyai bentuk yang bermacam-macam seperti prisma, heksagonal, pentagonal. 

c.     Ciri-ciri virus 
Virus memiliki ciri-ciri antara lain :
a.   Tidak berbentuk sel, karena tidak mempunyai protoplasma, dinding sel, sitoplasma, dan nukleas.
b.   Digolongkan sebagai benda mati, karena dapat dikristalkan dan tidak mempunyai protoplasma.
c.  Dapat digolongkan sebagai benda hidup, karena memiliki kemapuan metabolism,reproduksi,dan memiliki asma nukleat.
d.  Hanya dapat berkembang biak di dalam sel atau jaringan yang hidup.
e.  Organisme subrenik hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.
f.   Virus berasal dari bahasa latin venom yang berarti cairan yang  beracun.
g.  Bersifat pasif.     

d.     Bentuk virus 
Bentuk virus bermacam-macam, yaitu silindris, kotak, oval, memanjang, dan polyhedron.     

II. Tahap perkembangbiakan virus Daur perkembangan virus dibedakan menjadi dua:
a.       Daur litik , terdiri dari :
1)      Absorbsi (fase penempelan)
2)      Infeksi (fase memasukkan asam nukleat)
3)      Sintesis (fase pembentukan)
4)      Perakitan
5)      Lisis (fase pemecahan sel inang. 

b.   Daur lisogenik, terdiri dari :
1)      Fase absorbs
2)      Fase injeksi
3)      Fase penggabungan
4)      Fase pembelahan
5)      Fase sintesis
6)      Fase perakitan
 7)     Fase litik

III. Manfaat dan Kerugian Virus 
Virus yang Menguntungkan dapat dimanfaatkan untuk :
1)     Membuat antitoksin
2)     Melemahkan bakteri
3)     Reproduksi vaksin  

Virus yang Merugikan
1)      Menyebabkan penyakit pada manusia.
Contoh: Orthomyxovirus, yang menyebabkan penyakit influenza.
2)      Menyebabkan penyakit pada hewan.
Contoh: Polyma,penyebab tumor pada hewan.
3)      Menyebabkan penyakit pada tumbuhan.
Contoh: virus mozaik penyebab mozaik (bercak kuning) pada tembakau.

Perlukah Les atau Kursus Bahasa Inggris ?

Jika pertanyaan dari judul di atas ditanyakan kepada anda, kira-kira apakah jawaban anda?
Les atau kursus mata pelajaran adalah suatu pelajaran tambahan yang diberikan kepada siswa di luar jam sekolah. Banyak hal positif yang dapat diterima siswa jika diberikan les tambahan, diantaranya :


1. Guru les dapat membimbing siswa didik untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan guru di sekolah
2. Lembaga atau tempat bimbingan belajar dapat menuntun siswa agar dapat menghadapi ujian atau test di sekolah dengan baik
3. Dapat meringankan orang tua dalam hal mengajari pelajaran sekolah kepada anaknya di rumah
4. Bagi si anak, ia memiliki waktu yang fix untuk belajar, sehingga tidak ada hal-hal lain yang dapat dilakukannya selain belajar, belajar, dan belajar.

Khusus membahas pelajaran bahasa Inggris, les atau kursus bahasa inggris merupakan satu hal yang sangat penting, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Namun semua tetap harus sesuai kebutuhan. Apa artinya sesuai kebutuhan?
Artinya begini, kita harus menyesuaikan kemampuan anak kita maupun usia anak kita dalam belajar bahasa Inggris. Misalnya anak yang baru berumur 5 tahun sudah kita paksakan untuk les ini dan les itu. Yah, memang kita selalu ingin yang terbaik bagi buah hati kita, tapi ada baiknya anda menyiasatinya juga dengan hal-hal pembelajaran kreatif lainnya. Ingat, anak-anak pada dasarnya sangat suka bermain. Oleh karena itu, buatlah ia senyaman mungkin untuk bermain dan selipkanlah unsur edukatif dalam permainan-permainannya.

Di samping itu, jika orang tua terkendala dalam masalah budget untuk memasukkan anak pada suatu kursus maka banyak alternatif di internet tentang kursus bahasa Inggris Online yang bagus. Silahkan dimanfaatkan buk, dan seringlah berinteraksi dengan anak anda karena pertumbuhannya sangat dipengaruhi oleh peran orang tua.

Kesimpulan dari artikel Perlukah Kursus Bahasa Inggris ini adalah :
Pada dasarnya kursus bahasa Inggris sangat penting, saran saya ajari lah anak anda bahasa Inggris sejak usia dini. Akan tetapi, berikanlah kursus yang sesuai kebutuhan anak dan kantong anda.

Semoga Berhasil Parents.

Harri Pranata

Baca juga :
Cara mudah belajar Grammar dalam bahasa Inggris

Contoh Soal PKN kelas 3 SD Semester 1

00.46 Posted by Harri Pranata , 1 comment
Banyaknya hasil pencarian yang tidak sesuai pada Google dalam mencari soal-soal pendidikan membuat kak Harri agak sedikit kecewa. Banyak blog yang hanya menggunakan teknik menembak "keyword" dalam membuat judul postingan sehingga banyak siswa yang kesulitan dalam belajar di internet.
Oleh karena itu, Ilmu Sekolah Gratis berkomitmen untuk memberikan referensi soal-soal latihan maupun ulangan yang terbaru dalam setiap mata pelajaran.

Inilah contoh soal Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) untuk siswa kelas 3 SD Semester 1
I. Soal Pilihan Ganda
1.    Nilai sumpah pemuda berlaku untuk ....
a. Orang tua        b. Pemuda     c. Anak            d. Semua orang


2.    Penerapan sumpah pemuda dapat diwujudkan dengan memberi bantuan bagi anak putus sekolah berupa . . . .
a. Kendaraan       b. Keterampilan       c. Uang        d.Rumah


3.  Berikut ini merupakan arti penting pelaksanaan upacara bendera di sekolah . . . .
a.
mempertebal rasa kebangsaan            b. Mengenal arti disiplin dan tata tertib
c. menanamkan rasa cinta tanah air         d. Mengembangkan rasa keagamaan

4.  Konggres Pemuda II diadakan di. . . .
a. Bandung      b. Jakarta      c. Surabaya       d. Yogyakarta


5. Organisasi pemuda yang turut serta dalam kegiatan kongres pemuda II adalah berikut ini, kecuali . . . .
a. Jong Celebes      b. Jong Islamed Bond    c. Jong Java       d. Jong Sumatra Bond


6. Konggres Pemuda I berlangsung  pada tahun . . . .
a. 1928            b. 1924            c. 1945           d. 1942


7. Yang menciptakan lagu Indonesia Raya adalah . . . .
a.
W.R. Supratman      b. AT.Muhamed    c. Ibu Sud     d. W.R.Suprapto

8. Pertengkaran dapat menumbuhkan . . . .
a.
Kerukunan       b. Persaudaraan        c. Perdamaian        d. Perpecahan

9. Memelihara keamanan sekolah menjadi tanggung  jawab . . . .
a. Penjaga Sekolah    b.Guru            d.
Kepala sekolah    d. Semua warga sekolah

10. Dengan persatuan akan tumbuh . . . .
a. Kelemahan        b. Kebersamaan        c. Kekayaan        d. Keangkuhan


11. Lagu kebangsaan kita adalah . . . .
a. Maju Tak Gentar    b.
Indonesia Merdeka    c. Halo-halo Bandung    d. Indonesia Raya

12. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal . . . .
a. 28 Mei        b. 28 Oktober          c. 2 Oktober        d.
2 Mei 

13. Organisasi PPPI berdiri pada tahun  . . . .
a. 1928            b.1926            c. 1930            d.1942


14 Jika temanmu bertengkar, maka sikapmu adalah . . . .
a. memihak salah satu    b.
Melerai dan mendamaikan        c. Ikut bertengkar    d. Mendiamkan

15. Bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah . . . .
a. Belanda        b.
Indonesia       c. Jawa            d. Inggris

16. Warna bendera negara Indonesia adalah . . . .
a. merah putih        b. biru putih        c. putih merah         d.
hijau merah

17. Berikut ini yang merupakan  kewajiban murid di sekolah adalah . . . .
a.
Menerima pelajaran    b. Mendapat juara    c Menerima rapor.     d. Menaati  tata tertib 

18.    Sumpah pemuda diikrarkan untuk memupuk rasa . . . .
a. kesedihan        b.persatuan        c.kesusahan        d. Kegembiraan


19.    Jika orang lain tidak menyetujui pendapat kita, maka yang harus kita lakukan adalah . . . .
a. memarahi                              b. Memberi kesempatan orang lain
c. memendam kejengkelan        d. Tidak berpendapat lagi


20.   Sesuai dengan ikrar sumpah pemuda bahasa indonesia berperan sebagai . . . .
a. alat komunikasi dalam bekerja         b. Sarana penghubung antar negara
c. bahasa nasional dan bahasa resmi    d. Perantara dalam dunia pendidikan

II.    Soal Isian PKN
21.    Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan sebagai alat . . . .
22.    Persatuan dan kesatuan sesuai dengan Pancasila  sila ke . . . .
23.    Musyawarah dilakukan untuk mencapai suatu. . . .
24.    Sumpah pemuda adalah janji atau ikrar yang di cetuskan oleh . . . .
25.    Kongres Pemuda II diikrarkan pada tanggal . . . .
26.    Organisasi Trikorodarmo didirikan pada tahun . . . .
27.    Membantu ibu membersihkan halaman rumah merupakan contoh . . . .
28.    Bersatu kita . . . . bercerai kita . . . .
29.    Kepanjangan Siskamling adalah . . . . .
30.    Menjaga keamanan lingkungan termasuk contoh penerapan nilai . . . .