Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

Daftar Istilah Genetika Pada Makhluk Hidup

17.30 Posted by Harri Pranata , No comments
Untuk mempelajari materi pewarisan sifat, hendaknya kita mengetahui istilah-istilah umum yang sering digunakan dalam pelajaran Biologi kelas XII ini.
Di bawah ini adalah beberapa Istilah yang sering digunakan dalam Pewarisan Sifat dan Persilangan

Kromosom adalah struktur benang yang ada di dalam inti sel yang tugasnya bertanggung jawab dalam hal sifat keturunan (hereditas). Yang Tersusun atas sentromer dan lengan kromosom.

Gen atau disebut dengan istilah “substansi hereditas” yang terletak berada di dalam kromosom.

Genotipe adalah suatu sifat dasar yang tidak tampak serta bersifat tetap pada individu. Genotipe itu disimbolkan dengan simbol huruf yang diambil dari huruf paling depan dari sifat yang dimiliki oleh individu yang dipersilangkan.

Alel adalah gen yang mempunyai suatu pengaruh berlawanan.
Misalnya, T menentukan sifat tinggi pada suatu tanaman, sedangkan t mencerminkan batang pendek. Dengan demikian, T dan t adalah alel satu terhadap yang lain.

Fenotipe merupakan sifat-sifat yang tampak pada suatu individu serta dapat diamati dengan 5 panca indra. Misalnya seperti warna bunga kuning, rambut keriting, rambut lurus, tubuh besar, badan tinggi, hidung pesek, kulit sawo matang, dan buah besar.

Dominan merupakan salah satu sifat suatu individu yang dalam proses persilangannya mengalahkan atau menutupi pemunculan sifat individu lain dalam persilangan.

Sifat resesif merupakan sifat kebalikan dari sifat dominan, yaitu sifat suatu individu yang tidak muncul dalam keturunannya karena terkalahkan atau tertutupi oleh pemunculan sifat sejenis dari individu lain dalam persilangan.

Intermediet adalah sifat suatu individu yang pemunculannya merupakan gabungan antara sifat kedua induk yang dipersilangkan.

Hibrida punya arti sebagai hasil perkawinan antara dua individu yang punya sifat berbeda.
Ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan.

a. Persilangan monohibrida, merupakan persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda.

b. Persilangan dihibrida, yaitu persilangan antara dua individu dengan dua
sifat beda.

c. Fl : Hasil persilangan pertama (keturunan pertama)

d. F2 : Hasil persilangan kedua (keturunan kedua)

e. P : Parental/induk/orang tua

Apalagi ya istilah-istilah yang sering digunakan?

0 comments:

Posting Komentar