Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

TOEFL - Soal dan Pembahasan Reading Session (3)

Ayo kita lanjutkan pembahasan dari soal untuk test TOEFL reading session (2) sebelumnya...

Doctors are engaged in a never-ending battle against infectious diseases, they suggest that the best way to keep safe would be to get vaccinated. However, it turns out that some vaccines given to babies were less than perfect. Almost half of the victims of measles were college-age or older, and nearly all had been vaccinated. For adults other defiant diseases pose even greater health risks.

Yet, too many people avoid shots or don't get boosters to supplement earlier vaccines. The main problem is that there's no working system for vaccinating adults, as there is for children and even pets. Adults should be educated about preventable infectious diseases, especially if they are traveling. There are still many countries where measles, mumps, polio, and rubella are uncontrolled.

Keeping safe from infectious diseases is a never-ending battle. There are thousands of different bacteria, viruses, and parasites that can invade body. Doctors say that you should find out if you are immune or if you need a shot.

Most adults never think about their shots u unless there is a special reason : a trip to exotic places, a flu epidemic or a brush with a rusty nail. But keeping track of immunization is very important. The need for inoculations does not end with high school.

Judul (Reading), Sinonim
1. Which of the following would make the best title for the passage?
a. The Never-ending Battle against Disease
b. vaccinations
c. Inoculation for Adults
d. Greater Health Risks

Jawaban : C
Penjelasan : Judul berasal dari gagasan utama bacaan, yang dapat ditemukan dalam paragraf pertama kemudian keseluruhan bacaan. Perkenalan bacaan tentang penyakit dan vaksin yang belum sempurna. Kemudian pengarang bercerita tentang orang seusia mahasiswa yang masih menderita cacar air meskipun mereka telah mendapatkan vaksinasi. Kalimat terakhir paragram pertama biasanya memuat kata kunci untuk mendapatkan gagasan utama. Pada kasus ini subjek kalimat adalah resiko penyakit bagi orang dewasa. Orang menjadi subjek paragraf kedua tetapi kita akan segera tahu bahwa yang direferensikan pengarang adalah orang dewasa. Kata vaksinasi ditulis dua kali pada paragraf pertama dan kata benda vaksin sekali, inoculation merupakan sinonim vaccination.
Kata kunci : college-age or older, people, vaccination.

Arti Kata-kata, Inference (Reading)
2. What are "booster" in line 7?
a. Additional shots given some time after first vaccination
b. Shots people do not avoid
c. A disease like hepatitis B
d. Vaccines given before the main vaccine

Jawaban : A
Penjelasan : Dalam teks dijelaskan bahwa booster diberikan sebagai tambahan terhadap vaksinasi awal. Jadi dengan kata lain, booster merupakan suntikan tambahan yang diberikan beberapa kali setelah vaksinasi pertama.
Kata kunci : supllement, earlier

3. For whom do we assume there is a good working system for inoculation?
a. High school students
b. Babies
c. Household pets and children
d. All three A, B, C

Jawaban : D
Penjelasan : Perhatikan paragraf 2 di mana pengarang menyatakan tidak adanya sistem yang bekerja untuk vaksinasi atau inokulasi bagi orang dewasa, pengarang juga menyebutkan anak-anak dan bahkan hewan peliharaan. Jadi, pilihan jawaban D menjadi jawaban yang paling tepat karena memuat ketiganya.
Kata kunci : as there is for, children

4. The word "preventable" in line 10 is closest in meaning to which of the following?
a. Unstoppable
b. Avoidable
c. Deadly
d. contagious

Jawaban : B
Penjelasan : Bacaan berisi tentang pencegahan terhadap penyakit dengan vaksinasi. Jadi to prevent berarti mencegah datangnya penyakit. Pilihan jawaban yang paling tepat adalah avoidable yang berarti orang dapat mencegahnya. Sedangkan ketiga pilihan jawaban lainnya mempunyai arti yang relatif berlawanan yang berarti penyakit dapat menginfeksi.
Kata kunci : vaccinating

5. According to the passage what can doctors tell us to help us avoid infectious disease?
a. How bacteria enter the body
b. What diseases we may catch
c. Where not to travel to
d. To have a shot against every disease

Jawaban : B
Penjelasan : Jawaban D dapat menjadi jawaban yang benar tetapi tidak disebutkan dalam bacaan. Jawaban berada dalam paragraf 3 dimana pengarang menulis bahwa dokter mengatakan kamu mendapat kekebalan. Hal ini sama saja dengan dokter akan memberitahu kamu penyakit apa yang tidak akan kamu dapatkan karena kamu kebal dan apa yang bisa menjangkiti kamu sehingga kamu perlu tambahan kekebalan.
Kata kunci : if you need a shot

Pertanyaan NOT-type, Inference (Reading)
6. When is it likely that adults will not think about having a vaccination?
a. Just before the flu session
b. After cutting themselves on a sharp piece of metal
c. Just before goin on a trip to Florida
d. Before going to a conference in Africa

Jawaban : C
Penjelasan = Daftar yang ditanyakan terdapat pada paragraf terakhir. Jawaban A disebutkan. Jawaban B juga disebutkan meskipun sepotong logam belum tentu berkarat, tetapi tetap perlu vaksinasi. Mengingat salah satu alasan memakai vaksinasi adalah ketika mendatangi tempat yang eksotis, maka jawaban C dan D bisa menjadi jawaban yang dimaksudkan, yaitu tempat yang tidak eksotis. Bagi orang Amerika, Florida bukanlah tempat yang eksotis karena eksotis berarti asing atau aneh. Bagi orang Amerika, Afrika adalah tempat yang eksotis.
Kata kunci : exotic, a rusty nail

7. The words "their shots" in line 18 refer to
a. Efforts
b. Disease
c. Drinks
d. Inoculation

Jawaban : D
Penjelasan : Dalam paragraf 4 dapat kita baca bahwa dokter menyatakan bahwa anda bisa memperoleh shot jika Anda belum mendapat imunisasi. Dengan kata lain shot merupakan suatu usaha yang bisa diberikan lewat suntikan atau obat yang diminum untuk mendapat vaksinasi atau inokulasi.
Kata kunci : immune, need a shot

8. The word "exotic" in line 19 closest in meaning to :
a. Foreign
b. Distant
c. Dangerous
d. Undeveloped

Jawaban : A
Penjelasan = Lihat pembahasan nomor 6.
Kata kunci : unless there is a special reason

9. Why does the author mention the phrase "a brush with a rusty nail"?
a. To give another reason why people may get a shot
b. To show what can happen on a trip to an exotic place
c. To give an example of when immunization is not being track of
d. To show what can happen when you become an adult

Jawaban : A
Penjelasan = Anda dapat terkena palu berkarat kapanpun dan dimanapun. Kejadian ini merupakan kejadian khusus yang menyebabkan orang memerlukan vaksinasi seperti yang dinyatakan dalam paragraf terakhir.
Kata kunci : unless, special reason

Maksud (Reading)
10. What is the purpose of this passage?
a. Tp persuade doctors to inoculate all people, adults too
b. To convince adults they need vaccination too
c. To remind high school students to get boosters when they are older
d. To get Americans to think about the disease they can catch

Jawaban : B
Penjelasan : Bacaan ini bercerita tentang pentingnya vaksinasi bagi orang dewasa. Sebenarnya vaksinasi hanya diberikan pada anak-anak untuk membuat sistem kekebalan tubuh. Tetapi mengingat adanya orang dewasa yang menderita cacar air yang merupakan penyakit yang seharusnya tidak muncul karena telah ada vaksinasi, maka pengarang ingin menyakinkan bahwa vaksinasi juga perlu bagi orang dewasa.
Kata kunci : adults should, most adults never

0 comments:

Posting Komentar