Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

Example Conversation in English

15.05 Posted by Harri Pranata , No comments
Ini adalah contoh percakapan dalam bahasa Inggris yang sederhana. Percakapan ini mungkin bisa digunakan ketika kita berbicara dengan orang asing.
Contoh percakapan dalam bahasa Inggris :

A: Good afternoon, Sir. Can I help you?
(Selamat siang Pak. Apakah ada yang bisa saya bantu?)

B: Yes, thanks. It’s very kind of you.

(Terima kasih, anda sangat baik sekali)

A: Are you tourist?

(Apakah anda turis?)

B: Yes I am. I come from holand. My name is Graaf. I’m glad to meet you.

(Ya. Saya dating dari holand. Nama saya Graaf. Senang bertemu dengan anda)

A: The pleasure is mine. My name is Ibrahim. I’m is a native here.

How long have you been here?

(Sama sama. Nama saya Ibrahim. Saya penduduk asli sini. Sudah berapa lama anda tinggal disini?)

B: I’ve been here for five days.

(Saya sudah 5 hari disini)

A: Are you going to stay for long?

(Apakah anda tinggal disini untuk waktu yang lama?)

B: No, I’m just on a short holiday.

(Tidak. Saya tinggal disini hanya pada masa liburan ini saja)

A: How long are you going to stay?

(Berapa lama anda akan tinggal disini?)

B: I hope to stay about two weeks.

(Sekitar 2 minggu)

A: Are you enjoying it here?

(Apakah disini menyenangkan?)


(Ya, saya sangat suka sekali)

A:Is it too hot for you?

(Apakah disini menurut anda panas sekali menurut anda?)

B: It’s hot, but not to hot.

(Panas biasa, tidak terlalu panas sekali)

A: And how do you find the feed?

(Dari mana anda mendapatkan makanan ini?)

B:It’s delicious and very tasty.

(Ini sangat enak)

A:Where are you staying?

(Dimana anda tinggal?)

B:I’m staying Mr and Mrs Hafiz.

(Saya tinggal bersama Mr and Mrs Hafiz)

A: Yes I know them very well. I hope you have a nice holiday here.

(Ya. Saya kenal dengan mereka. Semoga liburan anda menyenangkan.)

B: Thank you. I’m sure I will.

(terima kasih. Tentunya)

Contoh soal bahasa Inggris kelas 5 SD

00.23 Posted by Harri Pranata , No comments
Berikut adalah Contoh Soal bahasa Inggris kelas 5 SD :
1. Can I………..some candies?
a. have b. has c. like d. likes 

2. How do you………the potatoes?
a. knife b. Pell c. excuse me d. spoon 

3. I wash my hand…………I eat.
a. near b. next c. after d. before 

4. The parking location in my school is…room 3 and 4.
 a. beside b. across c. between d. in 

5. ….. name is Bertha.
a. him b. are c. am d. her 

6. What………are you in.
a. grade b. home c. canteen d. hospital 

7. ………….me, where is the toilet?
a. have b. excuse c. has d. Yes, it is 

8. She wants to……………….some books in the library.
a. some b. eating c. buy d. borrow

Untuk mendownload Contoh soal bahasa Inggris kelas 5 SD selengkapnya silahkan klik download
DOWNLOAD

Free Download kamus Bahasa Inggris

Mungkin kamus bahasa Inggris gratis ini bermanfaat bagi kamu. Ada kalanya kan kita tak menggunakan internet dan butuh menerjemahkan sesuatu.
Nah untuk itu langsung aja download aplikasi kamus bahasa Inggris berikut :
Free Download kamus Bahasa Inggris

Setelah didownload, langsung diinstal saja ya dan langsung bisa digunakan.
Selamat mencoba...


Contoh soal kalimat Aktif dan Pasif

09.00 Posted by Harri Pranata , No comments
Soal kalimat Aktif dan Pasif...
Nah sekarang saatnya quiz, coba ubah kalimat aktif di bawah ini menjadi kalimat pasif..
Silahkan dijawab di kolom komentar ya....

1.Jackson wrote the book last year   
2.They will invited us to dinner    
3.Luck sends the mail everyday    
4.The tiger has eaten the deer    
5.The news will amaze you    
6.The secretary is going to fax the letters    
7.John broke the window    
8.Will Harri visit his grandmother ?    
9.They did not build a bridge    
10.Is he going to fix the door ?    
11.The hotel does not provide clean towel    
12.The leaves fell to the ground    
13.A maid will clean our room    
14.My cat didn't eat the bird    
15.Eddy has signed the agreement

Bagaimana?? mudah bukan?

Jenis-jenis Lembaga Pengendalian Sosial

15.42 Posted by Harri Pranata No comments
Lembaga sosial memiliki peranan sebagai lembaga yang menjalankan fungsi untuk melaksanakan pengendalian sosial di masyarakat. Lembaga sosial ini adalah lembaga yang telah diakui sebagai pranata sosial di masyarakat sehingga keberadaan lembaga sosial ini ditaati dan dihormati oleh masyarakatnya.

Adapun lembaga-lembaga sosial
itu antara lain adalah;

a. Sekolah

Sekolah merupakan lembaga sosial yang memiliki fungsi pengendalian sosial. Fungsi pengendalian sosial dilaksanakan oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Wali Kelas, para guru dan BK. Sekolah memberikan wawasan pengetahuan sosial bagi civitas akademika agar dapat bertingkah laku sesuai dengan tata nilai dan norma baik untuk disekolah atau untuk di masyarakat. Sekolah memiliki tata tertib yang dilembagakan serta wajib ditaati oleh warga sekolah, tata tertib tersebut tujuannya agar terwujud ketertiban sosial dan akademik di sekolah sehingga tujuan sekolah dapat tercapai.
Sekolah

b. Polisi

Kepolisian adalah lembaga sosial negara yang bertugas menjaga keamanan masyarakat dari gangguan-gangguan yang akan meng-ancam keutuhan dan ketertiban masyarakat. Gangguan itu bisa datang dari dalam anggota masyarakat atau dari luar masyarakat. Sebagai salah satu unsur keamanan negara, polisi mempunyai alat untuk melaksanakan fungsi pengendalian sosial, yaitu hukuman yang sifatnya tegas dan tertulis.

c. Pengadilan

Pengadilan merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pengendalian sosial yaitu untuk mengadili, menyelesaikan secara hukum dan negara, serta memberikan hukuman terhadap anggota masyarakat yang melanggar hukum.

Pengadilan mewujudkan aturan-aturan tertulis yang mengatur tentang ketertiban sosial bagi anggota masyarakatnya. Alat pengadilan terdiri dari jaksa sebagai penuntut pelaku agar dituntut sesuai dengan peraturan yang berlaku, pengacara bertugas mendampingi pelanggar hukum (terdakwa) yaitu untuk membe-rikan pertimbangan-pertimbangan yang terbaik bagi terdakwa, dan hakim yang bertugas menjatuhkan hukuman setelah menjalani proses persidangan.

d. Adat

Adat adalah kebiasaan-kebiasaan yang telah dilembagakan menjadi norma sosial bagi masyarakat penganutnya. Adat berasal dari dalam anggota masyarakat, yang mengikat anggota masyarakatnya serta dijunjung dan dipertahankan. Adat menjadi pedoman bagi anggota masyarakatnya untuk bertingkah laku. Prilaku yang tidak sesuai dengan adat dianggap melanggar adat. Adat memiliki peranan dalam pengendalian sosial karena adat mengatur tentang pola tingkah laku masyarakat. Adat mengandung nilai, norma dan sanksi, walaupun hukum adat biasanya tidak tertulis. Namun adat tetap efektif sebagai lembaga sosial yang menjalankan fungsi pengendalian sosial.

e. Lembaga Agama

Lembaga agama memberikan peranan yang sangat efektif dalam pengendalian sosial, karena lembaga agama menerapkan aturan-aturan berdasarkan syariat agama tersebut. Dalam konsep agama dikenal hukum halal dan haram. Halal adalah sesuatu yang diperbolehkan oleh agama dan haram ialah sesuatu yang dilarang oleh agama. Selain aturan halal dan haram, agama juga memiliki aturan perintah dengan tahapan wajib, sunnah dan makruh.

Beda dan contoh This dan These

17.19 Posted by Harri Pranata No comments
Sekarang kita akan membahas cara penggunaan "this" dan "these". Kata "this" dan "these" mempunyai arti "ini". Pemakaian "this" dan "these" sangat berbeda. "This" diikuti oleh kata benda tunggal (singular noun) dan "these" diikuti oleh kata benda jamak (plural noun). Kata "this" dan "these" digunakan sebagai kata tunjuk benda yang dekat. misalnya anda mengatakan "this is a car", berarti mobil tersebut dekat dengan anda. 

Contoh kalimat pemakaian "this" sebagai  Demonstrative Pronoun


This is a book.

This is an apple.
This is my house.

Perlu diingat bahwa, verb "be" yang dipakai sesudah kata "this" adalah "is", jadi tidak boleh mengatakan
"This are a book",

contoh lain pemakaian "this" dalam kalimat.


I like this.

My mother gave me this.
This is beautiful.

Contoh pemakaian "this" sebagai Demonstrative Adjective.


This book is new.

This house is mine.
This cat is funny.

kata "this" pada kalimat diatas diikuti oleh kata benda, dan perlu diingat bahwa  kata benda yang mengikutinya haruslah kata benda tunggal (singular noun), dan kata "this" tersebut menjelaskan kata benda yang mengikutinya.

THESE


Sedikit sudah dijelaskan diatas, bahwa kata "these" dipakai sebagai kata tunjuk (demonstrative) benda jamak (plural noun).


contoh:


These
are my books.
These
are pens.
These
are new bags.

Kata "these" selalu menggunakan verb be "are". Contoh-contoh kalimat diatas adalah contoh kata "these" yang berfungsi sebagai demonstrative pronoun. Berikut ini contoh lainnya;


I like these.

My mother gave me these.
These are bad.

Contoh  pemakaian "these"  sebagai demonstrative adjective ;


These books are mine.

These cars are new.
I like these books.
She likes these pictures.

Perhatikan kata benda sesudah kata "these", semuanya berbentuk jamak (plural nouns).

16 Tenses dalam bahasa Inggris

Inilah daftar/ kumpulan tenses dalam bahasa Inggris yang sudah saya rangkum, semoga dapat memberi penjelasan dan pencerahan ketika kapankah kita menggunakan tense yang benar.
Secara umum Tenses diklasifikasikan ke dalam 4 bagian besar yaitu : 
1.Present Tense (Waktu Sekarang) 
2.Past Tense (Waktu Lampau)
3.Future Tense (Waktu yang akan datang), dan
4.Past Future Tense (Waktu akan datang di masa lampau)
  
Agar lebih jelas silahkan dibaca ke 16 tenses berikut dengan seksama

1. Present Tense (Waktu Sekarang)
a. Simple Present Tense (Waktu Sekarang Sederhana)
Rumus :
+ } S + V1 + O/C
- } S + Do/does + not + V1 + O/C
? } Do/does + S + V1 + O/C
Example :
+ } Sisca Reads book everyday
- } Sisca does not Read book everyday
? } does Sisca Read book everyday
Yes He does / No He does not (doesn’t)
For I, We, You, They = do
He, She, It = Does
Contoh kalimat :
(+) She is a new people here.
(+) He plays football every morning
(-) She isn’t a new people here.
(-) He does not playing football every morning.
(?) Is she a new people here?
(?) How playing football every morning?
b. Present Continuous Tense (Waktu Berlangsung Sekarang)
Menerangkan suatu perbuatan yabg sedang berlangsungpada waktu sekarang.
Rumus :
+ } S + Be + V1 + ing + O/C            >>           + } They are playing badmintoon now
- } S + Be + not + V1 + ing + O/C >>           – } They are not playing badmintoon now
? } Be + S + V1 + ing + O/C            >>           ? } Are they palaying badmintoon now ?
Yes They are / no they are not
For I = am
They, we, you = are
He, She, It = Is
Contoh dalam kalimat :
(+) He is playing badminton now
(-) He isn’t playing badminton now.
(?) Is he playing badminton now.
c. Present Perfect Tense (Waktu Sempurna Sekarang)
Rumus :
subject+auxiliary verb+main verb
Contoh :
(+) you have eaten mine.
(-) she has not been to Rome
(?) have you finished?
d. Present Perfect Continuous Tense (Waktu Berlangsung Sempurna Sekarang)
Rumus :
(+): S + have/has + been + Ving
(-): S + have/has + not + been + Ving
(?): Have/has + S + been + Ving
Contoh :
(+) She has been going to Malang since evening.
(+) We have been riding a horse for three days
(-) She hasn’t been going to Malang since evening.
(-) We haven’t been riding a horse for three days.
(?) Has she been going to Malang ?
(?) Have He been riding a horse for three days ?

2. Past Tense (Waktu Lampau)
a. Simple Past Tense (Waktu Lampau Sederhana)
Rumus :
+} S+Be+Was/Were+O/C
-} S+Be+Was/Were+not+O/C
?} Be+Was/Were+ S+O/C
Example :
+} We were at school yesterday
-} We were not at school yesterday
?} were we at school yesterday ?
For I, He, She, It = Was
They, we, you = were
Contoh :
(+ ) I saw a good film last night
( +) He came here last month
(-) I did not see  a good film last night
(-) He didn’t come  last month
(?) Did I see a good film last night
(?) Did He come here last month
b. Past Continuous Tense (Waktu Berlangsung Lampau)
Rumus :
(+): S + was/were + Ving
(-): S + was/were + NOT + Ving
(?): Was/Were + S + Ving
Contoh :
(+) He was watching television all afternoon last week
(+) They were talking about sport when I met him
(-) He wasn’t watching television all afternoon last week
(-) They weren’t talking about sport when I met him
(?) Was He watching television all afternoon last week
(?) Were they talking about sport when I met him
c. Past Perfect Tense (Waktu Sempurna Lampau)
Rumus :
subject+auxiliary verb HAVE+main verb
(+): S + had + V3
(-): S + had + not + V3
(?): Had + S + V3
Contoh :
(+) When my brother arrived , I had painted my motor cycle
(+) The ship had left before I arrived
(-) When my brother arrived , I hadn’t painted my motor cycle
(-) The ship hadn’t left before I arrived
(?) Had I my motor cycle , when my brother arrived ?
(?) Had the ship left before I arrived?
d. Past Perfect Continuous Tense (Waktu Berlangsung Sempurna Lampau)
Rumus :
subject+auxiliary verb HAVE+auxiliary verb BE+main verb
Contoh :
(+) They had been living there for two month
(+) When they washed my drees , your father had been playing badminton
(-) They hadn’t been living there for two month
(-) When they washed my dress , your father hadn’t been playing badminton
(?) Had they been living there for two month?
(?) When they washed my dress , had your father been playing badminton ?

3. Future Tense (Akan Datang)
a. Simple Future Tense (Waktu Akan Datang Sederhana)
Rumus :
subject+auxiliary verb WILL+main verb
Contoh :
(+) I will visit to yogyakarta tomorrow.
(+) he will met girl friend by seven o’clock
(?) Will he go to America next month?
(+) President shall at Nederland the day after tomorrow.
(-) President shall not at Nederland the day after tomorrow.
(?) Shall President at Nederland the day after tomorrow?
b. Future Continuous Tense (Waktu Berlangsung Akan Datang)
Rumus :
subject+auxiliary verb WILL+auxiliary verb BE+main verb
Contoh :
(+) I will be writing a comic.
(+) I will be studying tomorrow night.
(-) I will not writing a comic.
(-) I will not be studying tomorrow night.
(?) Will I be writing a comic ?
(?) Will I be studying tomorrow night ?
c. Future Perfect Tense (Waktu Sempurna Akan Datang)
Rumus :
subject+auxiliary verb WILL+auxiliary verb HAVE+main verb
Contoh :
(+) Iwill havefinishedby 10am.
(+) Youwill haveforgottenme by then.
(-) Shewillnothavegoneto school.
(-) Wewillnothaveleft.
(?) Willyou havearrived?
(?) Willthey havereceivedit?
d. Future Perfect Continuous Tense (Waktu Berlangsung Sempurna Akan Datang)
Rumus :
subject+auxiliary verb WILL+auxiliary verb HAVE+auxiliary verb BE+main verb
Contoh :
(+) I will have been reading a news paper.
(+) He will have been listening music.
(-) I will haven’t been reading a news paper.
(-) He will haven’t listening a music.
(?) Will I have been riding a news paper ?
(?) Will He have listening a music ?

4. Past Future Tense (Akan Datang Di Waktu Lampau)
a. Past Future Tense (Waktu Akan Datang Di Waktu Lampau)
Rumus :
Positif: S + would + V1
Negatif: S + would + not + V1
Tanya:  Would + S + V1
Contoh :
(+) He would come if you invited him.
(+) They would buy a home the previous day.
(-) He wouldn’t come if invited him.
(-) They wouldn’t buy a home the previous day.
(?) Would He come if invited him ?
(?) Would they buy a home the previous day ?
b. Past Future Continuous Tense (Waktu Akan Sedang Terjadi Diwaktu Lampau)
Rumus :
Positif: S + would + be + Ving
Negatif: S + would + not + be + Ving
Tanya: Would + S + be + Ving
Contoh :
(+) I should be swimming at this time the following day.
(+) I shall be sliping at 10 o’clock tomorrow.
(-) I shouldn’t be swimming at this time the following day.
(-) I shalln’t be sleeping at 10 o’clock tomorrow.
(?) Shall I be swimming at this time the following day ?
(?) Shall I be sleeping at10 o’clock tomorrow ?
c. Past Future Perfect Tense (Waktu Akan Sudah Selesai Di Waktu Lampau)
Rumus :
Positif: S + would + have + V3
Negatif: S + would + not + have + V3
Tanya: Would + S + have + V3
Contoh :
(+) He would have graduated if he had studies hard.
(+) Nonok will have studied moth by the end of this week.
(-) He wouldn’t have gone if he had met his darling
(-) Nonok will have not studied month by the end of this week
(?) Would He have gone if he had met his darling ?
(?) Will Nonok have studied month by the end of this week ?
d. Past Future Perfect Continuous Tense
(Waktu Yang Sudah Sedang Berlangsung Pada Waktu Lampau)
Rumus :
Positif: S + would + have + been + Ving
Negatif: S + would + not + have + been + Ving
Tanya: Would + S + have + been + Ving
Contoh :
Rianawati would have been speaking English for two years
(+) Mrs. Anisa Munif would have been walking here for seventeen years
(+) Rianawati would have been speaking English for two years
(-) Mrs. Anisa Munif wouldn’t have been walking here for seventeen year
(-) Rianawati wouldn’t have been speaking English for two years
(?) Would Mrs. Anisa Munif have been walking here for seventeen years?
(?) Would Rianawati have been speaking English for two years?