Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

Kuliah Jurusan Teknik Informatika di Indonesia

16.55 Posted by Harri Pranata No comments
Bagi kamu yang masih bingung dengan jurusan kuliah yang satu ini, kamu harus membaca artikel di bawah ini.

Kuliah Jurusan Informatika sebenarnya merupakan cabang dari computer science yaitu yang biasa disebut dengan Teknik Informatika atau ilmu komputer.  Hal ini mengacu pada kurikulum yang berlaku di Indonesia.

Adapun acuan kurikulum informatika atau komputer di negara kita terbagi menjadi tiga jurusan :
 1. Computer Science
Studi untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu komputer. mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotic, pc vision, intelligence system, bio – informatika, dan hal – hal lainnya  terkait dengan pengembangan komputer . Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus mempelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar – dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan cukup luas dimulai penguasaan teori (konsep) dan pengembangan code. 

2. Computer Enginering
Program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer mempelajari tentang bagaimana mendesain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer dengan baik dan benar. Ilmu ini mengenai hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antara bagian tersebut. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware    

3. Informatika System
Sistem Informatika atau Manajemen Informatika, mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang tersedia, sehingga suatu institusi bisnis  dapat mencapai goalnya dengan efektif dan efisien. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang kompeten menganalisis kebutuhan (need) dan proses bisnis (business process) serta mendesain sistem berdasarkan pada tujuan organisasi. 

Jadi apakah kamu berminat untuk kuliah IT?
Pilihlah kuliah yang dapat membawa misi dan passion kamu menjadi seorang yang ahli di bidang IT. Jangan sia-sia kan waktumu untuk mempelajari hal yang tidak kamu sukai. Just Do It Guys.

Semoga informasi yang diberikan bisa berguna untuk semuanya terutama bagi mahasiswa baru yang tertarik mengambil atau berminat untuk memasuki dunia perkuliahan informatika.

Download yuk soal PKN kelas 4 SD Semester 1

18.50 Posted by Harri Pranata , No comments
Yuk mari dibaca dulu contoh soal UAS PKN bagi kelas 4 SD. Soal ini mungkin akan diuji pada semester ganjil. Pada semester 1 ini, kita akan membahas materi mengenai Sistem Pemerintahan Pusat
Pada bagian bawah postingan juga disediakan kunci jawabannya. Dicoba jawab dulu ya, baru lihat kunci jawabannya.

1. MPR merupakan lembaga yang memegang kekuasaan ...
a. Eksekutif   
b. Legislatif
c. Kepolisian
d. Kehakiman

2. Anggota DPR dan DPD dapat menjadi anggota ...

a. Kabinet
b. MK   
c. KPU
d. MPR

3. Lembaga yang menyelenggarakan pemilu disebut ...

a. DPD   
b. Presiden
c. KPU
d. MK

4. DPR berdomisili di ...

a. Ibu Kota Propinsi
b. Ibu Kota Negara
c. Ibu Kota Kabupaten
d. Ibu Kota Madya

5. Masa jabatan seorang anggota komisi yudisial adalah ...

a. 5 Tahun
b. 4 Tahun
c. 3 Tahun
d. 2 Tahun

6. Pada pemilu tahun 2004 dan tahun 2009, presiden dipilih oleh ...

a. Ketua DPD
b. Rakyat
c. Ketua DPR
d. Menteri

7. Pada tahun 1998-1999 presiden Indonesia adalah ...

a. Hamzah Has   
b. Megawati Soekarno Putri
c. BJ Habibie
d. Abdurahman Wahid

8. Roy Suryo merupakan nama menteri ...

a. Menkopulkam
b. Menpora
c. Mencokesra
d. Kepala BKPM

9. Susilo Bambang Yudhoyono adalah presiden yang dicalonkan oleh ...

a. Partai Demokrat
b. Partai Golkar
c. Partai PKB
d. Partai PAN

10. Kekuasaan tertinggi Negara Indonesia terletak ditangan ...

a. Rakyat   
b. Presiden
c. Wakil Rakyat
d. Wakil Daerah

11. Calon Hakim Agung diajukan oleh .............

a. MK
b. KY
c. Presiden
d. KPU

12. Melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan disebut fungsi ...

a. Anggaran   
b. Legislatif
c. Pengawasan
d. Eksekutif

13. Anggota MPR adalah anggota DPRD dan DPD yang dipilih melalui pemilihan umum merupakan perwujudan dari ...

a. Pasal 3 ayat 2 UUD 1945
b. Pasal 4 ayat 1 UUD 1945
c. Pasal 2 ayat 3 UUD 1945
d. Pasal 2 ayat 1 UUD 1945

14. Sebelum amademen UUD 1945, presiden dipilih oleh ...

a. Rakyat
b. MPR   
c. DPR
d. DPA

15. Presiden dipilih secara langsung sejak tahun ...

a. 2001        c.   2003
b. 2004        d.   2005

16. Pimpinan BPK dipilih oleh ...

a. DPR   
b. Anggota
c. Presiden
d. Ketua MPR

17. Hak meminta keterangan kepada presiden disebut ...

a. Hak Angket
b. Hak Budget
c. Hak Inplentasi
d. Hak Imunitas

18. Kabinet terdiri dari ...

a. Wakil Rakyat
b. Menteri   
c. Kepala Departemen
d. Ketua Partai

19. Susilo Bambang Yudhoyono merupakan presiden pada masa ...

a. Reformasi
b. Orde Lama
c. Orde Baru
d. Krisis Ekonomi

20. Kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, angkatan Laut, dan Angkata Udara dipegang oleh ...

a. Menteri Koordinator Hukum
b. Panglima Besar
c. Presiden
d. Rakyat


Kunci Jawaban Soal PKN Kelas IV SD Semester I
1.    B    
2.    A    
3.    C   
4.    B        
5.    A 
6.    B    
7.    C    
8.    B    
9.    A       
10.  A 
11.  C  
12.   C   
13.   B    
14.  B     
15.   B 
16.  C  
17.   A   
18.   B    
19.  A     
20.   D

Submit Artikel ke Ilmu Sekolah Gratis

21.30 Posted by Harri Pranata No comments
Berhubung adanya keterbatasan waktu dan faktor efisiensi, Blog Ilmu Sekolah Gratis memberikan kesempatan kepada para praktisi pendidikan, guru, maupun murid yang ingin berkontribusi bagi dunia pendidikan Indonesia.

Kami memberikan kesempatan untuk mengirimkan artikel pendidikan, materi pelajaran, soal-soal, dan lain sebagainya agar ditampilkan di Blog ini.
Apa saja syarat artikel yang dikirimkan :
1. Artikel merupakan tulisan sendiri tanpa copy paste dari blog atau web lain
2. Berhubungan dengan dunia pendidikan
3. Dapat memberikan manfaat/ faedah kepada para pembaca Ilmu Sekolah Gratis

Artikel yang telah diseleksi akan ditampilkan secepatnya di blog ini. Ditunggu ya.

Thanks,
Harri Pranata

Kirimkan artikel anda ke : pranataharri@gmail.com

Materi Persamaan Garis Lurus SMP

12.22 Posted by Harri Pranata No comments
Materi ini ditulis karena terinspirasi dari murid kak Harri yang sangat sulit untuk memahami tentang koordinat Cartesius. Sebenarnya materi ini tidak terlalu sulit, yang penting kita dapat memahaminya dengan baik.

Inilah rangkuman materi matematika kelas 8 SMP tentang Persamaan Garis Lurus

Apakah itu persamaan garis lurus?
Persamaan garis lurus adalah suatu persamaan yang jika digambarkan ke dalam bidang koordinat Cartesius akan membentuk sebuah garis lurus.

Bagaimanakah cara menggambar persamaan garis lurus?
Cara menggambar persamaan garis lurus adalah dengan menentukan nilai x atau y secara acak. Perlu diingat bahwa dua titik sudah cukup untuk membuat garis lurus pada bidang koordinat Cartesius.

a. Menggambar Titik pada Koordinat Cartesius 
Setiap titik pada bidang koordinat Cartesius dinyatakan dengan pasangan berurutan x dan y, di mana x merupakan koordinat sumbu-x (disebut absis) dan y merupakan koordinat sumbu-y (disebut ordinat). Jadi, titik pada bidang koordinat Cartesius dapat dituliskan (x, y). Pada Gambar 3.2 , terlihat ada 6 buah titik koordinat pada bidang koordinat Cartesius. Dengan menggunakan aturan penulisan titik koordinat, keenam titik tersebut dapat dituliskan dalam bentuk sebagai berikut.


b. Menggambar Garis pada Koordinat Cartesius 
Kamu telah mengetahui bagaimana menggambar titik pada bidang koordinat Cartesius. Sekarang bagaimana menggambar garis lurus pada bidang yang sama? Coba perhatikan Gambar 3.3



Apakah yang dimaksud dengan Gradien?
Pernahkah kamu menaiki tangga? Jika ya, kamu pasti akan menaiki tangga untuk dapat sampai ke atas. Anank tangga memiliki kemiringan tanah yang tidak sama, ada yang curam ada juga yang landai. Sama halnya dengan garis yang memiliki kemiringan tertentu. Tingkat kemiringan garis inilah yang disebut gradien.

Bagaimanakah cara mengetahui Gradien Suatu Garis?
Ada 4 cara untuk mengetahui Gradien suatu garis, antara lain :

1. Menghitung Gradien pada Persamaan Garis y = mx 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gradien suatu garis dapat ditentukan melalui perbandingan antara ordinat dan absis sehingga dapat ditulis sebagai berikut.
Image:garis lurus gbr 12.jpg
Dari uraian ini terlihat bahwa nilai gradien dalam suatu persamaan garis sama dengan besar nilai konstanta m yang terletak di depan variabel x, dengan syarat, persamaan garis tersebut diubah terlebih dahulu ke dalam bentuk y = mx

2. Menghitung Gradien pada Persamaan Garis y = mx + c 
Sama halnya dengan perhitungan gradien pada persamaan garis y = mx, perhitungan gradien pada garis y = mx + c dilakukan dengan cara menentukan nilai konstanta di depan variabel x. 

3. Menghitung Gradien pada Persamaan Garis ax + by + c = 0 
Dapat ditentukan dengan cara mengubah terlebih dahulu persamaan garis tersebut ke dalam bentuk
y = mx + c. Kemudian, nilai gradien diperoleh dari nilai konstanta m di depan variabel x. 

4. Menghitung Gradien pada Garis yang Melalui Dua Titik 
Coba lihat Gambar 3.5 dan 3.6 berikut ini


 


Berkas:Garis lurus gbr 25.jpg

Dari hasil percobaan di atas maka didapatlah rumus singkat untuk mencari gradien jika diketahui dua titik koordinatnya  yaitu :


Sebutkan Sifat-Sifat Gradien!
a. Garis miring ke kanan, gradiennya positif (+)

b. Garis yang miring ke kiri, gradiennya negatif (-)

c. Dua garis yang sejajar mempunyai gradien yang sama

d. Dua garis yang saling tegak lurus, hasil kali gradiennya = -1

e. Garis sejajar dengan sumbu x, gradiennya = 0

f. Garis sejajar dengan sumbu y, gradiennya = tidak terdefinisikan.

Contoh Soal Persamaan Garis Lurus SMP :

1. Carilah persamaan garis yang melewati titik (3,2) dan bergradien 1!
Jawaban : kita pakai rumus y = mx + c. Kita substitusikan (3,2) ke persamaan tersebut sehingga kita peroleh 2 = 1.3 + c, dan c = 2 – 3 = -1. C sudah kita dapatkan yaitu c = -1, sehingga kita menemukan bahwa persamaan garis yang melewati titik (3,2) dan bergradien 1 adalah y = 1x + (-1) = x – 1 

2. Carilah persamaan garis yang melewati titik (1,0) dan (3,-2)!
Jawaban :
Caranya, sama dengan soal nomor 1 yaitu kita pakai rumus y = mx + c.
Kedua, kita harus mencari dulu gradiennya, m = Δy / Δx = -2 – 0 / 3 – 1 = -2 / 2 = -1. Telah kita dapatkan bahwa m = -1, Lalu kita substitusikan m, x, dan y ke rumus y = mx + c (untuk x dan y, kita dapat memilih salah satu dari titik-titik yang dilewati garis) sehingga kita dapatkan 0 = -1.1 + c, c = 0 – (-1) = 1. Kita telah dapatkan c = 1 sehingga persamaan garis yang melewati titik (1,0) dan (3,-2) adalah y = -1x + 1 = -x + 1 

3. Garis p yang melewati titik (8,1) dan bergradien -3 berpotongan di titik O dengan garis l yang mempunyai persamaan y = 3x + 5. Carilah koordinat titik O! 

Jawaban : Yang harus pertama kita lakukan adalah mencari persamaan garis p dengan cara seperti soal no. 1. Sehingga kita dapatkan y = -3x + 25. Lalu untuk mencari koordinat titik O, kita menggunakan SPLDV (Sistem persamaan linier y = 3x + 5, y = -3x + 25, sehingga 3x + 5 = -3x + 25, 6x = 20, x = 10/3.

Lalu kita mencari y, y = 3x + 5 = 3.10/3 + 5 = 15.
Kita dapatkan x = 10/3, y = 15 sehingga koordinat titik O = (10/3 , 15)


Cara cepat mencari FPB dan KPK

10.46 Posted by Harri Pranata , No comments
Masih ingat pelajaran FPB dan KPK? Pelajaran ini sungguh menarik dan sederhana.
Sebelum ingin mencari FPB dan KPK kita harus mengetahui dulu apakah itu bilangan prima.

Apakah yang dimaksud dengan bilangan prima?
Bilangan Prima adalah bilangan asli yang habis dibagi oleh 1 dan bilangan itu sendiri.
Contoh : 2,3,5,7,11, ...

Metode cepat mencari FPB dan KPK :
1. Menggunakan Faktorisasi dan
2. Menggunakan pohon faktor

Kalo belum lancar faktorisasi lebih baik menggunakan pohon faktor yang sederhana.
1. Carilah FPB dari 20 dan 30
Kata kunci dari mencari FPB adalah kita mencari faktor yang sama dan pangkat yang terkecil.  Faktor yang tidak memiliki pasangan tidak dituliskan.

 2. Untuk mencari KPK juga menggunakan pohon faktor, namun perbedaannya kita mencari pangkat yang terbesar dan semua faktor dituliskan.

Contoh soal : Carilah KPK dari 8, 12, dan 30
 


Pembahasan : faktor 2 yang terbesar àdalah 23
faktor 3 nilainya sama untuk 12 dan 30 ambil salah satunya saja yaitu 3
faktor 5 ada 1 ambil nilai 5
sehingga KPKnya adalah 23 x 3 x 5 = 120


Tidak sulit kan? yang penting kita lancar dalam membuat pohon faktor atau faktorisasi serta mengerti kata kunci dalam mencari FPB dan KPK.

Pertanyaannya sekarang, untuk apakah kita mempelajari materi FPB dan KPK pada bangku sekolah dasar? 
Kira-kira beginilah masalah yang dapat dipecahkan jika kita paham tentang FPB dan KPK :

- Rizal Berenang 10 hari sekali, Budi berenang 15 hari sekali, sedangkan Fatin berenang 20 hari sekali. Ketiga-tiganya sama-sama berenang petamakali pada tanggal 20 februari 2012, kapan ketiga-tiganya sama-sama berenang untuk yang keduakalinya?
Jawab:Faktorisasi prima dari 10 = 2 x 5
Faktorisasi prima dari 15 = 3 x 5
Faktorisasi prima dari 20 = 22 x 5

KPK dari 10, 15 dan 20 = 22 x 3  x 5 = 60 (kalikan semua faktor, faktor yang sama ambil yang
                                                                     terbesar)
Jadi mereka sama-sama berenang setiap 60 hari sekali.
Mereka sama-sama berenang untuk yang keduakalinya adalah 20 februari + 60 hari = 20 April
Ingat bulan februari untuk tahun kabisat adalah 29 hari, untuk tahun bukan kabisat = 28 hari
(2012 adalah tahun kabisat karena habis dibagi dengan 4)
 

Akreditasi Sekolah di Indonesia

22.03 Posted by Harri Pranata No comments
1. Apakah yang dimaksud dengan akreditasi sekolah ?
Proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Di dalam pasal 2 ayat (1), lingkup SNP meliputi:     
1. Standar isi;    
2. Standar proses;    
3. Standar kompetensi lulusan;    
4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan;    
5. Standar sarana dan prasarana;    
6. Standar pengelolaan;    
7. Standar pembiayaan; dan    
8. Standar penilaian pendidikan.

2. Apakah dasar hukum akreditasi sekolah?
Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002.

3. Apakah tujuan diadakannya akreditasi sekolah?
(a) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan
(b) memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah

4. Apa saja cakupan akreditasi sekolah?
(a) Lembaga satuan pendidikan (TK, SD, SMP, SMA) dan
(b) Program Kejuruan/kekhususan (SDLB, SMPLB, SMALB, SMK)

5. Bagaimanakah prosedur akreditasi sekolah?
(a) pengajuan permohonan akreditasi dari sekolah
(b) evaluasi diri oleh sekolah
(c) pengolahan hasil evaluasi diri
(d) visitasi oleh asesor
(e) penetapan hasil akreditasi
(f) penerbitan sertifikat dan laporan akreditasi

6. Apa yang harus dipersiapkan oleh sekolah untuk menghadapi akreditasi?
(a) Sekolah mengajukan permohonan akreditasi kepada Badan Akreditasi Propinsi (BAP)-S/M untuk SLB, SMA, SMK dan SMP atau kepada Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) Kabupaten/Kota untuk TK dan SD Pengajuan akreditasi yang dilakukan oleh sekolah harus mendapat persetujuan atau rekomendasi dari Dinas Pendidikan
(b) Setelah menerima instrumen evaluasi diri, sekolah perlu memahami bagaimana menggunakan instrumen dan melaksanakan evaluasi diri. Apabila belum memahami, sekolah dapat melakukan konsultasi kepada BAN-SM mengenai pelaksanaan dan penggunaan instrumen tersebut

(c) Mengingat jumlah data dan insformasi yang diperlukan dalam proses evaluasi diri cukup banyak, maka sebelum pengisian instrumen evaluasi diri, perlu dilakukan pengumpulan berbagai dokumen yang diperlukan sebagai sumber data dan informasi

7. Apakah persyaratan sekolah agar dapat mengikuti akreditasi?
(a) memiliki surat keputusan kelembagaan (UPT);
(b) memiliki siswa pada semua tingkatan;
(c) memiliki sarana dan prasarana pendidikan;
(d) memiliki tenaga kependidikan;
(e) melaksanakan kurikulum nasional; dan
(f) telah menamatkan siswa.

8. Berapa lama masa berlaku akreditasi?
Masa berlaku akreditasi selama 4 tahun. Permohonan Akreditasi Ulang 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Akreditasi Ulang untuk perbaikan diajukan sekurang-kurangnya 2 tahun sejak ditetapkan.

9. Apakah hasil dari akreditasi ?
(a) Sertifikat Akreditasi Sekolah, dan
(b) Profil Sekolah, kekuatan dan kelemahan, dan rekomendasi.Sertifikat Akreditasi Sekolah adalah surat yang menyatakan pengakuan dan penghargaan terhadap sekolah atas status dan kelayakan sekolah melalui proses pengukuran dan penilaian kinerja sekolah terhadap komponen-komponen sekolah berdasarkan standar yang ditetapkan BAN-SM untuk jenjang pendidikan tertentu.

Lihat website http://ban-sm.or.id untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang akreditasi sekolah.

Cek SK Pembayaran Tunjangan Profesi Guru 2013

21.50 Posted by Harri Pranata No comments
Tunjangan profesi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara
tanggal 9 - 16 setiap triwulan
9 – 16 April 2013 untuk triwulan I,
9 – 16 Juli 2013 untuk triwulan II,
9 – 16 Oktober 2013 untuk triwulan III, dan
9 – 16 Desember 2013 untuk triwulan IV

Bagi bapak/ibu guru yang masih kesulitan untuk mengecek SK Pembayaran Tunjangan Profesi atau Sertifikasi Guru 2013 silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Buka link ini : http://116.66.201.163:8000/ 
atau link : http://223.27.144.198:8000/

 2. Apabila anda berhasil membuka web web Direktorat P2TK Dikdas, silahkan isi dan login : Password : tahun lahir+bulan lahir+tanggal lahir, misalnya 17 Agustus 1970 (password=19700817)

3. Setelah anda isi NUPTK dan password dengan benar maka akan muncul data guru, tunjangan profesi, Persyaratan Pencairan di Bank. Contohnya seperti gambar di bawah ini :


Notes : Data yang ditampilkan pada halaman web ini tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk proses pembayaran tunjangan dan data sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan. Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke pengelola masing-masing tunjangan. Semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih.



Contoh Soal UKG Guru Matematika SMP

15.45 Posted by Harri Pranata , No comments
Bapak/Ibu guru yang mengajar pada sekolah tingkat menengah (SMP) mungkin membutuhkan beberapa contoh soal matematika yang akan diujikan pada sertifikasi guru.
Soal-soalnya tidak terlalu sulit namun agak sedikit menjebak. Banyak soal mengulas tentang materi peluang, suku banyak dan statistika. Berikut adalah beberapa contoh soalnya :

Bagian I : Soal Pilihan Ganda

1. Pada percobaan mengetos sebuah dadu sebanyak 150 kali maka diharapkan muncul mata dadu kelipatan 3 sebanyak ... kali.
a. 10
b. 30
c. 50
d. 60

2. Sebuah dadu dan sebuah mata uang ditos bersama-sama . maka peluang muncul bukan mata 3 pada dadu. 
a. 2/6 
b. 3/6 
c. 4/6 
d. 5/6

3. Nilai UAN matematika sebanyak 30 siswa mempunyai rata-rata 80, jika nilai seorang siswa tidak diikutkan maka nilai rata-rata menjadi 81, berapa nilai siswa tersebut.
a. 47 
b. 51 
c. 63 
d. 73

4. Dua puluh pelajar terdiri 12 puteri dan 8 putera. Rata-rata nilai matematika pelajar keseluruhan 80. Jika rata-rata nilai matematika pelajar puteri saja 75 , maka rata-rata nilai matematika pelajar putera adalah ....
a. 67.5 
b. 77,7 
c. 87,5 
d. 89,5

5. Suku ke 11 dari suatu barisan aritmetika dengan b= -½ dan u1 = 5 ialah
a. ½ 
b. 0 
c. - ½ 
d. -1

6. Rasio suatu barisan geometri dengan u1 = -16 dan u8 = 1/8 ialah
a. 2 
b. -2 
c. -½ 
d. ½.

7. Rata-rata berat badan 50 anak 65 kg, jika ditambah dengan berat badan si Andi dan Nando maka rata-rata berat badan tetap 65, jika perbandingan berat badan Andi dan Nando 6:4, berapa berat badan Andi?
a. 67 
b. 68 
c. 77 
d. 78

8. Sebuah dadu ditos 1 kali. Peluang muncul mata dadu lebih dari 1 adalah...
a. 5/6
b. 4/6
c. 3/6
d. 1/6

Bagian II : Soal Esai
1. Pada ulangan matematika , diketahui rata-rata nilai kelas 58. Ratarata nilai matematika siswa pria 65 sedang rata-rata nilai siswa wanita 54. Tentukan perbandingan banyaknya siswa pria dan siswa wanita .

2. Sebuah kartu diambil secara acak dari satu kartu bridge. Tentukan berapa peluang yang terambil itu kartu skop atau kartu berwarna merah?

3. Suku-suku suatu barisan adalah V5, (5 + V5), (10 + V5), .... Tentukan rumus jumlah n suku yang pertama!

4. Dua orang karyawan pabrik menerima gaji Rp 1000.000,- per bulan selama setahun. Setiap tahun pada tahun berikutnya karyawan yang pertama memperoleh kenaikan gaji Rp 50.000,- setiap tahun dan yang kedua memperoleh kenaikan Rp150.000,- setiap dua tahun. Tentukan pengeluaran total untuk menggaji dua karyawan tersebut selama 6 tahun pertama bekerja.

5. Tersedia 15 kunci berbeda dan ada 1 kunci yang dapat digunakan untuk membuka sebuah pintu. Kunci diambil satu persatu tanpa pengembalian. Tentukan peluang kunci yang terambil dapat digunakan untuk membuka pintu pada pengambilan ke-10.


Untuk mendapatkan soal selengkapnya dapat didownload pada link di bawah ini :
Download Soal Uji Kompetensi Guru Matematika SMP