Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

Cara cepat mencari FPB dan KPK

10.46 Posted by Harri Pranata , No comments
Masih ingat pelajaran FPB dan KPK? Pelajaran ini sungguh menarik dan sederhana.
Sebelum ingin mencari FPB dan KPK kita harus mengetahui dulu apakah itu bilangan prima.

Apakah yang dimaksud dengan bilangan prima?
Bilangan Prima adalah bilangan asli yang habis dibagi oleh 1 dan bilangan itu sendiri.
Contoh : 2,3,5,7,11, ...

Metode cepat mencari FPB dan KPK :
1. Menggunakan Faktorisasi dan
2. Menggunakan pohon faktor

Kalo belum lancar faktorisasi lebih baik menggunakan pohon faktor yang sederhana.
1. Carilah FPB dari 20 dan 30
Kata kunci dari mencari FPB adalah kita mencari faktor yang sama dan pangkat yang terkecil.  Faktor yang tidak memiliki pasangan tidak dituliskan.

 2. Untuk mencari KPK juga menggunakan pohon faktor, namun perbedaannya kita mencari pangkat yang terbesar dan semua faktor dituliskan.

Contoh soal : Carilah KPK dari 8, 12, dan 30
 


Pembahasan : faktor 2 yang terbesar àdalah 23
faktor 3 nilainya sama untuk 12 dan 30 ambil salah satunya saja yaitu 3
faktor 5 ada 1 ambil nilai 5
sehingga KPKnya adalah 23 x 3 x 5 = 120


Tidak sulit kan? yang penting kita lancar dalam membuat pohon faktor atau faktorisasi serta mengerti kata kunci dalam mencari FPB dan KPK.

Pertanyaannya sekarang, untuk apakah kita mempelajari materi FPB dan KPK pada bangku sekolah dasar? 
Kira-kira beginilah masalah yang dapat dipecahkan jika kita paham tentang FPB dan KPK :

- Rizal Berenang 10 hari sekali, Budi berenang 15 hari sekali, sedangkan Fatin berenang 20 hari sekali. Ketiga-tiganya sama-sama berenang petamakali pada tanggal 20 februari 2012, kapan ketiga-tiganya sama-sama berenang untuk yang keduakalinya?
Jawab:Faktorisasi prima dari 10 = 2 x 5
Faktorisasi prima dari 15 = 3 x 5
Faktorisasi prima dari 20 = 22 x 5

KPK dari 10, 15 dan 20 = 22 x 3  x 5 = 60 (kalikan semua faktor, faktor yang sama ambil yang
                                                                     terbesar)
Jadi mereka sama-sama berenang setiap 60 hari sekali.
Mereka sama-sama berenang untuk yang keduakalinya adalah 20 februari + 60 hari = 20 April
Ingat bulan februari untuk tahun kabisat adalah 29 hari, untuk tahun bukan kabisat = 28 hari
(2012 adalah tahun kabisat karena habis dibagi dengan 4)
 

Akreditasi Sekolah di Indonesia

22.03 Posted by Harri Pranata No comments
1. Apakah yang dimaksud dengan akreditasi sekolah ?
Proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Di dalam pasal 2 ayat (1), lingkup SNP meliputi:     
1. Standar isi;    
2. Standar proses;    
3. Standar kompetensi lulusan;    
4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan;    
5. Standar sarana dan prasarana;    
6. Standar pengelolaan;    
7. Standar pembiayaan; dan    
8. Standar penilaian pendidikan.

2. Apakah dasar hukum akreditasi sekolah?
Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002.

3. Apakah tujuan diadakannya akreditasi sekolah?
(a) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan
(b) memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah

4. Apa saja cakupan akreditasi sekolah?
(a) Lembaga satuan pendidikan (TK, SD, SMP, SMA) dan
(b) Program Kejuruan/kekhususan (SDLB, SMPLB, SMALB, SMK)

5. Bagaimanakah prosedur akreditasi sekolah?
(a) pengajuan permohonan akreditasi dari sekolah
(b) evaluasi diri oleh sekolah
(c) pengolahan hasil evaluasi diri
(d) visitasi oleh asesor
(e) penetapan hasil akreditasi
(f) penerbitan sertifikat dan laporan akreditasi

6. Apa yang harus dipersiapkan oleh sekolah untuk menghadapi akreditasi?
(a) Sekolah mengajukan permohonan akreditasi kepada Badan Akreditasi Propinsi (BAP)-S/M untuk SLB, SMA, SMK dan SMP atau kepada Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) Kabupaten/Kota untuk TK dan SD Pengajuan akreditasi yang dilakukan oleh sekolah harus mendapat persetujuan atau rekomendasi dari Dinas Pendidikan
(b) Setelah menerima instrumen evaluasi diri, sekolah perlu memahami bagaimana menggunakan instrumen dan melaksanakan evaluasi diri. Apabila belum memahami, sekolah dapat melakukan konsultasi kepada BAN-SM mengenai pelaksanaan dan penggunaan instrumen tersebut

(c) Mengingat jumlah data dan insformasi yang diperlukan dalam proses evaluasi diri cukup banyak, maka sebelum pengisian instrumen evaluasi diri, perlu dilakukan pengumpulan berbagai dokumen yang diperlukan sebagai sumber data dan informasi

7. Apakah persyaratan sekolah agar dapat mengikuti akreditasi?
(a) memiliki surat keputusan kelembagaan (UPT);
(b) memiliki siswa pada semua tingkatan;
(c) memiliki sarana dan prasarana pendidikan;
(d) memiliki tenaga kependidikan;
(e) melaksanakan kurikulum nasional; dan
(f) telah menamatkan siswa.

8. Berapa lama masa berlaku akreditasi?
Masa berlaku akreditasi selama 4 tahun. Permohonan Akreditasi Ulang 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Akreditasi Ulang untuk perbaikan diajukan sekurang-kurangnya 2 tahun sejak ditetapkan.

9. Apakah hasil dari akreditasi ?
(a) Sertifikat Akreditasi Sekolah, dan
(b) Profil Sekolah, kekuatan dan kelemahan, dan rekomendasi.Sertifikat Akreditasi Sekolah adalah surat yang menyatakan pengakuan dan penghargaan terhadap sekolah atas status dan kelayakan sekolah melalui proses pengukuran dan penilaian kinerja sekolah terhadap komponen-komponen sekolah berdasarkan standar yang ditetapkan BAN-SM untuk jenjang pendidikan tertentu.

Lihat website http://ban-sm.or.id untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang akreditasi sekolah.

Cek SK Pembayaran Tunjangan Profesi Guru 2013

21.50 Posted by Harri Pranata No comments
Tunjangan profesi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara
tanggal 9 - 16 setiap triwulan
9 – 16 April 2013 untuk triwulan I,
9 – 16 Juli 2013 untuk triwulan II,
9 – 16 Oktober 2013 untuk triwulan III, dan
9 – 16 Desember 2013 untuk triwulan IV

Bagi bapak/ibu guru yang masih kesulitan untuk mengecek SK Pembayaran Tunjangan Profesi atau Sertifikasi Guru 2013 silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Buka link ini : http://116.66.201.163:8000/ 
atau link : http://223.27.144.198:8000/

 2. Apabila anda berhasil membuka web web Direktorat P2TK Dikdas, silahkan isi dan login : Password : tahun lahir+bulan lahir+tanggal lahir, misalnya 17 Agustus 1970 (password=19700817)

3. Setelah anda isi NUPTK dan password dengan benar maka akan muncul data guru, tunjangan profesi, Persyaratan Pencairan di Bank. Contohnya seperti gambar di bawah ini :


Notes : Data yang ditampilkan pada halaman web ini tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk proses pembayaran tunjangan dan data sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan. Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke pengelola masing-masing tunjangan. Semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih.



Contoh Soal UKG Guru Matematika SMP

15.45 Posted by Harri Pranata , No comments
Bapak/Ibu guru yang mengajar pada sekolah tingkat menengah (SMP) mungkin membutuhkan beberapa contoh soal matematika yang akan diujikan pada sertifikasi guru.
Soal-soalnya tidak terlalu sulit namun agak sedikit menjebak. Banyak soal mengulas tentang materi peluang, suku banyak dan statistika. Berikut adalah beberapa contoh soalnya :

Bagian I : Soal Pilihan Ganda

1. Pada percobaan mengetos sebuah dadu sebanyak 150 kali maka diharapkan muncul mata dadu kelipatan 3 sebanyak ... kali.
a. 10
b. 30
c. 50
d. 60

2. Sebuah dadu dan sebuah mata uang ditos bersama-sama . maka peluang muncul bukan mata 3 pada dadu. 
a. 2/6 
b. 3/6 
c. 4/6 
d. 5/6

3. Nilai UAN matematika sebanyak 30 siswa mempunyai rata-rata 80, jika nilai seorang siswa tidak diikutkan maka nilai rata-rata menjadi 81, berapa nilai siswa tersebut.
a. 47 
b. 51 
c. 63 
d. 73

4. Dua puluh pelajar terdiri 12 puteri dan 8 putera. Rata-rata nilai matematika pelajar keseluruhan 80. Jika rata-rata nilai matematika pelajar puteri saja 75 , maka rata-rata nilai matematika pelajar putera adalah ....
a. 67.5 
b. 77,7 
c. 87,5 
d. 89,5

5. Suku ke 11 dari suatu barisan aritmetika dengan b= -½ dan u1 = 5 ialah
a. ½ 
b. 0 
c. - ½ 
d. -1

6. Rasio suatu barisan geometri dengan u1 = -16 dan u8 = 1/8 ialah
a. 2 
b. -2 
c. -½ 
d. ½.

7. Rata-rata berat badan 50 anak 65 kg, jika ditambah dengan berat badan si Andi dan Nando maka rata-rata berat badan tetap 65, jika perbandingan berat badan Andi dan Nando 6:4, berapa berat badan Andi?
a. 67 
b. 68 
c. 77 
d. 78

8. Sebuah dadu ditos 1 kali. Peluang muncul mata dadu lebih dari 1 adalah...
a. 5/6
b. 4/6
c. 3/6
d. 1/6

Bagian II : Soal Esai
1. Pada ulangan matematika , diketahui rata-rata nilai kelas 58. Ratarata nilai matematika siswa pria 65 sedang rata-rata nilai siswa wanita 54. Tentukan perbandingan banyaknya siswa pria dan siswa wanita .

2. Sebuah kartu diambil secara acak dari satu kartu bridge. Tentukan berapa peluang yang terambil itu kartu skop atau kartu berwarna merah?

3. Suku-suku suatu barisan adalah V5, (5 + V5), (10 + V5), .... Tentukan rumus jumlah n suku yang pertama!

4. Dua orang karyawan pabrik menerima gaji Rp 1000.000,- per bulan selama setahun. Setiap tahun pada tahun berikutnya karyawan yang pertama memperoleh kenaikan gaji Rp 50.000,- setiap tahun dan yang kedua memperoleh kenaikan Rp150.000,- setiap dua tahun. Tentukan pengeluaran total untuk menggaji dua karyawan tersebut selama 6 tahun pertama bekerja.

5. Tersedia 15 kunci berbeda dan ada 1 kunci yang dapat digunakan untuk membuka sebuah pintu. Kunci diambil satu persatu tanpa pengembalian. Tentukan peluang kunci yang terambil dapat digunakan untuk membuka pintu pada pengambilan ke-10.


Untuk mendapatkan soal selengkapnya dapat didownload pada link di bawah ini :
Download Soal Uji Kompetensi Guru Matematika SMP

Cara Mudah Belajar Grammar Inggris

Grammar adalah salah satu aspek penting dalam bahasa Inggris. Grammar yang bagus dan baik akan memberikan nilai tambah kepada anda. Tanpa grammar yang benar, suatu komunikasi bisa menjadi ambigu maupun rancu. Lihat saja bagaimana fenomena selebriti yang menyebutkan : " Hello. I am Vicky. I am 29 my age". hehehe
Kita bakal menjadi bahan tertawaan jika kita tidak memahami bahasa Inggris dengan baik.
Sebenarnya untuk mendapatkan grammar yang baik, kita harus sering latihan dan latihan. Baik latihan writing, speaking, listening, etc.




Well, untuk itu silahkan lihat artikel tentang 16 macam Tenses dalam bahasa Inggris di bawah ini :
16 macam Tenses Bahasa Inggris

Setelah mengetahui Tenses yang baik dan benar. Kita juga harus memperbanyak vocabulary alias kosakata yang kita miliki. Penggabungan grammar dan vocab yang baik akan memberikan kalimat yang keren dan dapat dimengerti.

Memang segala sesuatu butuh proses, tapi jika tidak memulai kita tak akan pernah tahu sebagaimana kemampuan kita. Betul?

Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan bisa komen di kolom komentar ya.
Jangan menyerah, belajarlah setiap hari. Apakah teman-teman punya trik khusus agar dapat menguasai Inggris dengan baik dan mudah?
Silahkan dishare di fanpage kita ya : Fanpage FB Ilmu Sekolah Gratis

Learning by Doing

Contoh Soal TOEFL dan Kunci Jawabannya

TOEFL (Test of English as A Foreign Language) merupakan salah satu indikator penting untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris. Untuk mendapatkan nilai TOEFL yang bagus, kita harus banyak berlatih. Mulai dari menjawab soal-soal bahasa Inggris yang berhubungan dengan Grammar, Tenses, Vocabulary, dll. Tidak lupa pula kita harus selalu berlatih speaking, reading, listening, dll.

Gabungan dari latihan, tekad, serta kerja keras yang baik niscaya akan memberikan hasil yang baik pula. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh soal TOEFL yang sering diujikan.
Soal-soal Structure and Written Expression

1. The Actor’s Studio, a professional actors’ workshopin New York City, provides.........where actors
can work together without the pressure of commercial production.
(A) a place and
(B) a place
(C) so that a place
(D) a place is


2. By 1872 the United States had 70 engineering
colleges,...........astonishing expansion credited
largely to the Morrill Act of 1862.
(A) because
(B) an
(C) to which
(D) was


3. Roads in the United States remained crude,.......... with graved or wood planks, until the beginning of
the twentieth century.
(A) were unsurefaced or they covered them
(B) which unsureface or covered
(C) unsurfaced or covered them
(D) unsurfaced or covered


4.  In geometry, an ellipse may be defined as the locus of all points..............distances from two fixed
points is constant.
(A) which as the sum of
(B) of the sum which
(C) whose sum of whose
(D) whose sum that the


5. An image on a national flag can symbolize political ideals that ..........express.
(A) take many words to otherwise would.
(B) would take to many otherwise words
(C) many words to take would otherwise
(D) would otherwise take many words to


6. ............at the site of a fort established by theNorthwest Mounted Police, Calgary is now one of
Canada’s fastest growing cities.
(A) Built
(B) It is built
(C) To build
(D) Having built 


7. One theory of the origin of the universe is...........from the explosion of a tiny, extremely dense fireball
several billion years ago.
(A) because what formed
(B) the formation that
(C) that it formed
(D) when forming


8. The artist Romare Bcarden was........... whose yellows, deep blues, and fuchsias contrasted
strongly with photographic gray in his bright collages.
(A) with a gift for color
(B) a gifted colorist
(C) a gift with colorful
(D) gifted with coloring


9. A three-foot octopus can crawl through a hole.......... in diameter.
(A) than one inch less
(B) less than one inch
(C) one less inch than
(D) than less one inch


10. ............. adopted the decimal system of coinage in 1867.
(A) Canada
(B) When Canada
(C) Canada, which
(D) There was Canada


Untuk mendapatkan file selengkapnya dapat diunduh pada link berikut :
Download TOEFL dan Kunci Jawaban

Bagaimana? Apakah soal-soalnya terlalu sulit untuk dikerjakan?

Untuk mendapatkan Contoh Soal Listening TOEFL bisa langsung ke link di bawah ini :
Download Soal Listening TOEFL 

Untuk memutar file nya bisa menggunakan software Real Player :
Download Real Player

Good Job Fellas.

Cara menulis surat dalam bahasa Inggris

Menulis surat dalam bahasa Indonesia mungkin jauh lebih mudah bagi kita dibandingkan menulis surat dalam format bahasa Inggris. Benarkah? hehehe. Apalagi surat yang kita tulis adalah surat resmi. Tentunya kita harus menggunakan kaidah dan format yang tepat agar dapat menyampaikan maksud/ tujuan surat dengan baik tanpa mengabaikan unsur-unsur formal di dalamnya.

Baiklah untuk pertama-tama kita lihat dulu bagaimana cara menulis surat resmi alias formal dalam bahasa Inggris.
1. Alamat / Address
a) Alamat Anda    
Alamat pengirim harus ditulis di sudut kanan atas surat. 

b) Alamat orang yang Anda kirimi    
Alamat dalam harus ditulis di sebelah kiri, mulai di bawah alamat Anda.

2. Tanggal/ Date
Orang yang berbeda menempatkan tanggal pada sisi yang berbeda halaman. Anda dapat menulis ini di sebelah kanan atau kiri pada baris setelah alamat Anda menulis untuk. Menulis bulan sebagai sebuah kata. 

3. Salam/ Greeting
1) Dear Sir atau Madam, Jika Anda tidak tahu nama orang yang Anda menulis untuk, menggunakan ini. Itu selalu dianjurkan untuk mencoba untuk mencari tahu nama. 

2) Dear Mr Jenkins, Jika Anda tahu nama, gunakan judul (Mr, Mrs, Miss atau Ms, Dr, dll) dan nama keluarga saja. Jika Anda menulis untuk seorang wanita dan tidak tahu apakah dia menggunakan Nyonya atau Nona, Anda dapat menggunakan Ms, yang bagi wanita yang sudah menikah dan tunggal. 

4. Cara Mengakhiri Surat (Ending)
1) Yours faithfully 
Jika Anda tidak tahu nama orang tersebut, mengakhiri surat dengan cara ini. 

2) Yours sincerely 
Jika Anda tahu nama orang tersebut, mengakhiri surat dengan cara ini. 

3) Your signature
Menandatangani nama Anda, kemudian mencetaknya di bawah tanda tangan. Jika Anda berpikir orang yang Anda menulis untuk mungkin tidak tahu apakah Anda laki-laki dari perempuan, menempatkan Anda judul dalam tanda kurung setelah nama Anda.

Lalu, apa sajakah isi surat formal yang harus kita tulis :
1. Paragraf Pertama 
Paragraf pertama harus pendek dan negara tujuan dari surat-untuk membuat penyelidikan, mengeluh, permintaan sesuatu, dll 

2. Paragraf  Tengah
Surat harus berisi informasi yang relevan di balik penulisan surat. Sebagian besar surat-surat dalam bahasa Inggris yang tidak terlalu panjang, sehingga menjaga informasi yang sampai ke inti dan berkonsentrasi pada mengorganisir itu secara jelas dan logis daripada memperluas terlalu banyak. 

3. Paragraf Terakhir Paragraf terakhir dari surat resmi harus menyatakan tindakan apa yang Anda harapkan penerima untuk mengambil-untuk mengembalikan, mengirimkan informasi, dll.

Untuk Format/Layout Surat Resmi dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


Yap dari hasil penjelasan di atas, dapat kita tarik beberapa kesimpulan yang perlu diperhatikan dalam menulis surat formal dalam bahasa Inggris :
1. Selalu menggunakan kalimat pengantar dan salam penutup yang baku.
Untuk kalimat pengantar cukup gunakan: Dear Mr... atau Dear Ms....

2. Kalau anda tidak mengetahui siapa yang akan menerima surat agan tersebut,misal mengirim ke alamat email umum suatu instansi bisa gunakan Madam, Dear Sir, Untuk salam penutup biasanya memakai
Sincerely Yours,akan tetapi kalau surat menyuratnya sudah berlangsung berulang kali dengan orang yang sama,kita bisa menggunakan Best regards.

3.Jangan lupa untuk berterima kasih.
Kalimat yang biasa dipakai : I am looking forward to hearing from you.Thank you very much. kalimat ini memberitahukan kepada sang penerima surat kalau kita menunggu jawabannya atas permintaan kita disurat,dan kita mengucapkan banyak terima kasih sebelumnya. Untuk mengucapkan terima kasih secara umum kita juga bisa menggunakan: Thank you for your kind help

4. Memohonlah dengan sopan
Caranya gampang sekali,cukup dengan menggunakan kalimat berpola: I would be very grateful if you could....(Tinggal anda isi aja titik-titiknya dengan permohonan yang ingin diajukan. Atau contoh lain: If you could....,it would be most appreciated.(isi titik-titiknya dengan permintaan).

5. Jangan pernah menggunakan singkatan (alayy ),simbol pengganti kata,atau kata yang bernuansa non-formal.
Intinya tulislah it is,jangan it's.jangan nulis ala alay ya misalnya pake angka 4 buat kata 'for' atau U buat "you"

Semoga Bermanfaat Sobat. ;)

Contoh Soal UKG Bahasa Inggris

16.53 Posted by Harri Pranata , No comments
Artikel pendidikan ini spesial untuk para bapak/ibu guru yang akan mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru). Soal-soal di bawah ini akan membantu para tenaga pendidik untuk menjawab soal-soal ujian yang akan dihadapi.
Langsung saja, tanpa banyak basa-basi ya pak/buk.hehehe.. Ini dia contoh-contoh soalnya :

1. Agnes : Look ! The flowers are beautiful.
Who … them?
Moci : I did, and I watered them regularly.
 
a. are planting
b. planted
c. plants
d. plant
 
2. Betty : There is not any sugar left, Ratna.
We need … to make cakes.
Ratna : Okay, I’ll buy it then. Do we need eggs, too?
Betty : No, we don’t.
a. many
b. a lot
c. a few
d. any
 
3. X : I want to take my pill....
Y : Sure! A minute, please.
 
a. Do you want some?
b. Can you get me a glass of water, please?
c. Can you take me to the doctor, please?
d. Will you buy it for me, please?
 
4. Anton : What kind of clothes do you like to wear on your birthday party?
Nita : Traditional clothes.
Anton : Traditional clothes?
Nita : Yeah, I ... ask the dressmaker to get it ready next week.
 
a. can
b. will
c. must
d. may
 
5. Budi : I think this shirt needs ironing.
Fika : No, I … it. Touch it. It’s still warm.
 
a. iron
b. will iron
c. am ironing
d. have ironed 
 
6. Teacher : There are some rules to obey in a conservation. You cannot pick anything in it.
Students : What about catching the animals.
Teacher : You ....
a. can do that too
b. cannot do it either
c. have to do it
d. you may do it

7. Dina : Do you know Rafflesia Arnoldi?
Rani : Yes, it smells very bad … it is a beautiful flower. Dina : And it is also the biggest flower in the world.
a. although
b. but
c. and
d. or

8. Irma : Mardi Lestari was the fastest sprinter in 1989.
Yenny : He’s the fastest … in Indonesia but also in Asia.
a. both
b. either
c. neither
d. not only

9. Pitoy : Wow! It’s cool and nice. And look at this seat and that TV …
Jackson : Yeah, you’re right.
a. What is a luxurious train?
b. What train is luxurious?
c. What a luxurious train it is!
d. What is it? A luxurious train

10. Yuni : How could an Indonesian sprinter, Kalimanto, defeat a Malaysian sprinter, Rosman Alwi in the last SEA GAMES?
Sony : Everyone knows that Kalimanto ran … Rosman Alwi.
a. fast
b. as fast as
c. faster than
d. the fastest

11. These animals have become very rare in Indonesia because people used to hunt them for skin and sport. They look like large cats and have yellow fur with black spots and long tails. The animals are ....
a. lions
b. leopards
c. tigers
d. panthers

12. Librarian : Stop talking, please! You disturb other visitors.
Students : ... We didn’t mean it.
a. We are sorry.
b. We are disappointed.
c. We are happy.
d. We are displeased.

13. Putri wants to apply for a job. Now the manager is interviewing her.
Mr. Gita : What foreign language can you speak?
Putri : English and Italian.
Mr. Gita : … Putri : Yes, fifty words a minute.
a. Can you help me?
b. Can you type?
c. Would you type this letter?
d. Can you write letters?

14. Mr. Harri : Would you get me a cup of tea, please?
Housemaid : I am sorry, sir. ... no tea left. We have only coffee.
a. There is
b. There isn’t
c. There are
d. There aren’t

15. Lina : ..., sir. I come late.
Teacher : That’s all right. Go to your seat.
a. Let me explain
b. I’m sorry
c. I’m happy
d. Sorry to trouble you

16. Syahril : I’ve got a problem with my computer. ... you repair it?
Rudy : Yes, but have you brought it to a computer technician before?
Syahril : Not yet. Rudy : Bring your computer here and I will check it.
a. Will
b. Shall
c. Can
d. Must

17. Suci : What’s the matter with you?
Bella : I’ve got a headache. …
Suci : Yes, of course.
a. Could you get me an “Bodrex”, please?
b. What about going to the doctor?
c. Why don’t you go and see a doctor?
d. Could I help you?

18. Mrs. Yanto : What about our new uniform? Are you going to sew it yourself?
Mrs. Fakih : No, I’m not. I ... to the dressmaker next Sunday.
a. go
b. went
c. have gone
d. will go

19. Lani : My father ... to Singapore.
Sonya : How long will he be there?
Lani : For two weeks.
a. went
b. goes
c. has gone
d. may go

20. Intan : Mom, can I go to the zoo next Sunday?
Mother : I’m afraid you can’t. We ... your grandmother next Sunday.
a. visit
b. visited
c. have visited
d. are going to visit

Bagaimana bapak/ibu? ada soal yang sulit dan tidak dapat dimengerti?
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Thanks. ;)