Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

Download Soal Bahasa Inggris SD Kelas 4

06.30 Posted by Harri Pranata , No comments
1. She….long hair.
a. have
b. has
c. like
d. likes


2. ………., may I clean my hands.
a. look at
b. good
c. excuse me
d. yes. It is


3. It…..two long arms.
a. two
b. three
c. four
d. five


4. How many eyes do you have?
a. one
b. five
c. ten
d. two


5 My name ……… Harri
a. am
b. is
c. are
d. isn’t


6. Susan………..baking chocolate cookies
a. is
b. are
c. was
d. were


7. Adrian is holding ……….can opened in his hand.
a. an
b. a
c. her
d. his


8. I see a……….at the zoo
a. Clock
b. snake
c. chair
d. hen


Download lengkap Contoh Soal Bahasa Inggris untuk SD Kelas 4 disini.
Download Disini

Download contoh soal Olimpiade Astronomi

23.00 Posted by Harri Pranata No comments
 Soal Pilihan Ganda
1. Pada saat oposisi Bumi- Planet dan Matahari mendekati satu garis lurus, konfigurasinya adalah:
a. Planet – Bumi – Matahari
b. Bumi – Planet – Matahari
c. Planet – Matahari – Bumi
d. Matahari – Planet – Bumi
e. Tidak ada yang benar


2. Pada saat konjungsi Bumi-Planet dan Matahari mendekati satu garis lahir lurus, konfigurasinya adalah;
a. Planet – Bumi – Matahari
b. Bumi – Planet – Matahari
c. Planet – Matahari – Bumi
d. Matahari – Planet – Bumi
e. Tidak ada yang benar


3. Jika setengah sumbu panjang dan eksentrisitas planet Mars adalah a = 1,52 dan e = 0,09 sedangkan untuk Bumi a = 1 SA dan e = 0,017. Kecerlangan maksimum Mars pada saat oposisi, terjadi ketika jaraknya dari Bumi pada saat itu;
a. 0,37 SA
b. 0,27 SA
c. 0,32 SA
d. 0,40 SA
e. 0,50 SA


SOAL ESSAY: 
Sebuah asteroid ketika berada di perihelium menerima fluks dari matahari sebesar F0 ketika di aphelium ia menerima sebesar 0,5 F0. Orbit asteroid mempunyai setengah sumbu pendek b = 1,3 SA. Pertanyaannya:
a) berapakah periode asteroid ini
b) ketika di aphelium berapakah kecepatan lepas asteroid ini ?


Download lengkap soal nya disini
Download Disini 

Belajar materi Gelombang dalam Fisika

17.41 Posted by Harri Pranata , No comments
Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dikelompokkan menjadi dua, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik yaitu gelombang yang memerlukan medium di dalam perambatannya. Contoh gelombang mekanik antara lain: gelombang bunyi, gelombang permukaan air, dan gelombang pada tali. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya. Contoh gelombang elektromagnetik : cahaya, gelombang radio, gelombang TV, sinar – X, dan sinar gamma.
 
1. GELOMBANG MEKANIK

A. Terjadinya Gelombang
Gelombang terjadi karena adanya usikan yang merambat.Menurut konsep fisika, cerminan gelombang merupakan rambatan usikan, sedangkan mediumnya tetap. Jadi, gelombang merupakan rambatan pemindahan energi tanpa diikuti pemindahan massa medium.
monopolesourcedsphericalwaveKlik gambar untuk lihat animasinya
B. Pengertian Gelombang Mekanik
Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium dalam perambatannya.
Contoh gelombang mekanik :
- Gelombang yang terjadi pada tali jika salah satu ujungnya digerak-gerakkan.
104_0167
- Gelombang yang terjadi pada permukaan air jika diberikan usikan padanya ( misal dengan menjatuhkan batu di atas permukaan air kolam yang tenang ).
frequency_fast6
C. Gelombang Transversal
Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus arah getarannya ( usikannya ).
Perhatikan ilustrasi berikut ini !
plane-waveKlik gambar untuk lihat animasinya
clip_image002_thumb4
Contoh gelombang transversal :
- getaran sinar gitas yang dipetik
- getaran tali yang digoyang-goyangkan pada salah satu ujungnya

A. Gelombang Longitudinal
Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarnya ( arah usikannya )
clip_image002p
Perhatikan ilustrasi berikut ini !
lw
Contoh gelombang longitudinal :
- gelombang pada slinki yang diikatkan kedua ujungnya pada statif kemudian diberikan usikan pada salah satu ujungnya
longitudinal
- gelombang bunyi di udara
image027
1. Panjang Gelombang
A. Pengertian Panjang Gelombang
Panjang satu gelombang sama dengan jarak yang ditempuh dalam waktu satu periode.
1) Panjang gelombang dari gelombang transversal
Perhatikan ilustrasi berikut!
clip_image004[3]
111_Standing_Wave_Animated
Klik gambar untuk lihat animasinya
Pada gelombang transversal, satu gelombang terdiri atas 3 simpul dan 2 perut. Jarak antara dua simpul atau dua perut yang berurutan disebut setengah panjang gelombang atau ½ λ (lambda),
2) Panjang gelombang dari gelombang longitudinal
Perhatikan ilustrasi berikut !
clip_image005[3]
Pada gelombang longitudinal, satu gelombang (1l) terdiri dari 1 rapatan dan 1 reggangan.

B. Cepat Rambat Gelombang
Jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam satu sekon disebut cepat rambat gelombang. Cepat rambat gelombang dilambangkan dengan v dan satuannya m/s atau m s-1. Hubungan antara v, f, λ, dan T adalah sebagai berikut :
cepat rambat gelombang
Keterangan :
λ= panjang gelombang , satuannya meter ( m )
v = kecepatan rambatan gelombang, satuannya meter / sekon ( ms-1 )
T = periode gelombang , satuannya detik atau sekon ( s )
f = frekuensi gelombang, satuannya 1/detik atau 1/sekon ( s-1 )

2. Pemantulan Gelombang
Jika gelombang melalui suatu rintangan atau hambatan, misalnya benda padat, maka gelombang tersebut akan dipantulkan. Pemantulan ini merupakan salah satu sifat dari gelombang.
Berikut ini adalah contoh pemantulan pada gelombang tali
pantulan gelombang_thumb[3]
fix
Pemantulan ujung terikat

free
Pemantulan ujung bebas
Pemantulan gelombang pada ujung tetap akan mengalami perubahan bentuk atau fase. Akan tetapi pemantulan gelombang pada ujung bebas tidak mengubah bentuk atau fasenya.
Contoh Soal :
1. Dalam 1 sekon dihasilkan gelombang seperti gambar di bawah ini
soal1_thumb[1]
a. berapakah frekuensi gelombang tersebut?
b. Bila jarak PQ = 2 cm, maka berapakah ?
Penyelesaian :
Menurut gambar, gelombang yang terjadi sebanyak 2 gelombang. Berarti, f = 2 gelombang / sekon atau f = 2 Hz.
Pada gambar terjadi 2 gelombang ( 2λ ). Jadi 2 λ= 2 cm atau λ= 1 cm.
2. Seutas tali yang panjangnya 8 m direntangkan lalu digetarkan. Selama 2 sekon terjadi gelombang seperti pada gambar berikut! Tentukan λ, f, T, dan v.
soal2_thumb[2]
Penyelesaian :
Dari gambar terjadi gelombang sebanyak 4 λ.
Berarti : 4λ= 8 m sehingga λ = 8/4 = 2 m
Selama 2 sekon terjadi 4 λ atau selama 1 sekon terjadi 2λ
Jadi, f = 2 gelombang / sekon atau f = 2 Hz
T = 1/f = ½ sekon sehingga v =λ f = 2 m x 2 Hz = 4 m s-1

Materi Fisika SMP kelas 8 : Getaran

17.29 Posted by Harri Pranata No comments
1. Pengertian Getaran

a. Definisi Getaran
Getaran adalah gerak bolak – bolik secara berkala melalui suatu titik keseimbangan. Pada umumnya setiap benda dapat melakukan getaran. Suatu benda dikatakan bergetar bila benda itu bergerak bolak bolik secara berkala melalui titik keseimbangan.
ayunan movie
pendulum
Getaran adalah gerak bolak – balik di sekitar titik setimbang;
2 = titik setimbang ;  1 dan 3 = titik terjauh (Amplitudo);

b. Beberapa Contoh Getaran
Beberapa contoh getaran yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari antara lain :
- sinar gitar yang dipetik
- bandul jam dinding yang sedang bergoyang
jam dinding
- ayunan anak-anak yang sedang dimainkan
- mistar plastik yang dijepit pada salah satu ujungnya, lalu ujung lain diberi simpangan dengan cara menariknya, kemudian dilepaskan tarikannya.
img_mid_4430
- Pegas yang diberi beban.
ayunanCoil_spring_animation

2. Periode dan Frekuensi Getaran
Perhatikan gambar berikut ini!
definisi2
  • titik A merupakan titik keseimbangan
  • simpangan terbesar terjauh bandul ( ditunjuk kan dengan jarak AB = AC ) disebut amplitudo getaran
  • jarak tempuh B – A – C – A – B disebut satu getaran penuh
a. Amplitudo
Dalam gambar 2 telah disebutkan bahwa amplitudo adalah simpangan terbesar dihitung dari kedudukan seimbang. Amplitudo diberi simbol A, dengan satuan meter.

b. Periode Getaran
Periode getaran adalah waktu yang digunakan dalam satu getaran dan diberi simbol T. Untuk gambar ayunan di atas, jika waktu yang diperlukan oleh bandul untuk bergerak dari B ke A, ke C, ke A, dan kembali ke B adalah 0,2 detik, maka periode getaran bandul tersebut 0,2 detik atau T = 0,2 detik = 0,2 s
Periode suatu getaran tidak tergantung pada amplitudo getaran.

c. Frekuensi Getaran
Frekuensi getaran adalah jumlah getaran yang dilakukan oleh sistem dalam satu detik, diberi simbol f. Untuk sistem ayunan bandul di atas, jika dalam waktu yang diperlukan oleh bandul untuk bergerak dari B ke A, A ke C, C ke A, dan kembali ke B sama dengan 0,2 detik, maka :
- dalam waktu 0,2 detik bandul menjalani satu getaran penuh
- dalam waktu 1 detik bandul menjalani 5 kali getaran penuh
Dikatakan bahwa frekuensi getaran sistem bandul tersebut adalah 5 getaran/detik atau f = 5 Hz.

d. Hubungan antara Periode dan Frekuensi Getaran
Dari definisi periode dan frekuensi getaran di atas, diperoleh hubungan :
rumus1
Keterangan :
T = periode, satuannya detik atau sekon
f = frekuensi getaran, satuannya 1/detik atau s-1 atau Hz


Contoh Soal Getaran Fisika :
1. Dalam 1 sekon, lintasan yang ditempuh beban pada Gambar 1 adalah 2-1-3-1-2-1-3. Berapakah frekuensi dan periode getaran tersebut?

Penyelesaian :
Jumlah getaran yang terjadi adalah 1,5 getaran. Waktu untuk menempuh 1,5 getaran adalah 1 sekon. Jadi frekuensi f = 1,5 getaran / sekon = 1,5 Hz. Dan periode T :
soal1
Jadi waktu yang diperlukan untuk menempuh satu getaran penuh adalah 0,67 sekon.

2. Pada selang waktu 2 sekon terjadi gerakan bolak – balik sebanyak 10 kali. Tentukanlah frekuensi dan periodenya.
Penyelesaian :
Dalam 2 sekon terjadi 10 getaran. Berarti dalam 1 sekon terjadi 5 getaran, sehinga frekuensi f = 5 Hz, dan
periode T :

soal2

Contoh soal UAS Bahasa Inggris kelas X

03.30 Posted by Harri Pranata , No comments
Halo kembali lagi di Ilmu Sekolah Gratis. Gudangnya ilmu pengetahuan di internet. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal-soal bahasa Inggris untuk kelas X SMA.
Coba deh dilihat soal di bawah ini, apakah kamu mampu menjawabnya :
Berikut adalah beberapa contoh soal yang akan kita bahas :

Text 1
            Early one morning, Umar was walking to the bus stop to catch a bus to school. A loud, screeching noise suddenly pierced the air. Umar realized that there had been an accident. A small boy was lying unconscious on the road, and the car that had hit him had already run away.    
            Umar was confused and frightened. “is the boy dead?” Umar asked himself. However, the boy was still breathing. Umar could see that the boy had bruises all over his face and arms.    
            Umar did not know what to do. Few cars passed along this road at this time of the day. The nearest house which he could go to for help was his own, but it would take ten minutes to walk there. Umar finally decided to stay with the boy until somebody came by.    
            Time passed very slowly – so it seemed to Umar. The boy was still unconscious, and Umar prayed for the boy to regain consciousness.    
            Umar sprang to his feet at the sound of an approaching car. He waved frantically at the driver to stop. Umar asked the driver,”You will help this boy, won,t you, Sir?” The driver was kind. He carried the injuried boy to the car. Umar went with them to the hospital. Later, the driver took Umar to the police station to report the accident.    
            Umar had a lot to tell to his friends that day at school. All his friends though Umar was a very brave boy.”it was an unforgettable incident, wasn,t it?” They asked him.    
            “Yes, it was, “Umar replied.”it was a terrifying experience, thought!” 

1.What is the genre of the text?    
a. Descriptive               
b. Recount   
c. Narrative            
d. Procedure
e. News item     

2.The purpose of the text is to ….
a. tell a past event            d. report a phenomena
b. entertain readers          e. describe Umar,s activity
c. discuss something

3. Umar and the helpful driver went to the police station after they ….
a. stopped the approaching car
b. reported the accident they saw
c. brought the boy to the nearest house
d. had seen the injured boy on the road
e. had carried the injured boy to the hospital 

4. “Time passed very slowly” ….( paragraph 4 )        This part of the text is called ….    
a. Description          c. Event                 
b. Reorientation        d. Resolution               e. Orientation 

5. What do Umar,s friends think about him ….    
a. he is an honest boy           
b. he is a coward boy           
c. he is a very brave boy 
d. he is a kind boy   
e. he is an easy going boy

6.The old woman was feel …. after she had heard that her beloved son was seriousely injured in a terrible accident.    
a. delighted   
b. regreet           
c. sorrow                     
d. unconscious 
e. sadness   

7.    The room is to narrow, we need a ….  of air in here.    
a. parfum      
b. breath         
c. light                         
d. realease
e. pipe   

8. David : “Hi….how do you do?”
Martin : “………”
a. How do you do
b. Nice to meet you
c. I’m fine, and you?
d. not bad
e. a and b are correct

9.The boy : “……, madam.Would you mind if I sit beside you?”
The old lady : “ By all means.”
a. Hi
b. Excuse me
c. Hello
d. How do you do
e. Nice to meet you

10 .April : “ my brother has got a scholarship to continue his study in one of prominent university in America.”
Ivone : “ ……………..
a. I’m glad to hear that
b. I’m sorry to know that
c. it’s commond.
d. I’m not surprise
e. I’m not satisfied

11.
Pete : “How about having dinner with me tonight?
Kate : “Thanks you, I’d love to.
From the dialogue above we conclude that …..
a. kate declines the the invitation
b. pete want to hve dinner
c. kate love pete
d. pete invites kate to have dinner together
e. pete make a date with kate

12 .Cavin : “You know Rita’s father is hospitalized for his serious illness.
Barbara : “…………….”
a. She must be very sad
b. She must be very happy
c. Excuse me
d. It’s borring
e. it’s good idea

12 soal di atas adalah beberapa contoh soal UTS atau UAS bagi pelajar SMA kelas X.
Download lengkap ke 50 soalnya disini.
Download Disini

Contoh soal bahasa Inggris kelas 8 SMP

22.00 Posted by Harri Pranata , No comments
Ini adalah beberapa contoh soal latihan maupun ujian mata pelajaran Bahasa Inggris. Bisa dipakai untuk soal ujian semester 1 maupun semester 2.
Soal terdiri dari  20 soal pilihan ganda dan 5 soal menerjemahkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

Silahkan coba dijawab

A. Choose the correct answer by crossing a, b, c or d. 
1. Bob : “lets go to the canteen!’ Lina : “…….. I am hungry”
a. It’s a good idea
b. it’s not good idea
c. I disagree
d. I hate it
2. Bob : “……… of our new friend? Lina : “She is beautiful and friendly”
a. Who is the girl
b. what a beautiful girl
c. Would you mind
d. what do you think
3. To keep the rare animals exist, we must not …….them.
a.Save
b. protect
c. hunt
d. kill
4. Cow and buffaloes are ……. But tigers and lion are carnivorous.
a.Reptiles
b. microbes
c. herbivorous
d. viruses
5. Mr. Bob is a/an ….. He looks after some animals in his large garden behind in his house.
a. Fish monger
b. animals liver
c. fruit seller
6. Lina : “ I want you to come to my party tonight.” Aliana : “……….. I have a lot of homework to do.”
a.It’s a great
b. I agree with you
c. I am afraid I can’t
d. it is a good idea
Yesterday my mother was ill. My father and I took her to the doctor. First my father talked to the lady who was in charge of registration. She typed the data about my mother on the computer. Then we waited for my mother’s turn.
When her turn comes, I accompanied her to enter the doctor’s room. The doctor listened to my mother’s complained patiently. The he examined my mother by putting the stethoscope on her chest. After that, a nurse, to take my mother’s temperature so she put a thermometer in my mother’s armpit. He told me that my mother had a bad influenza. He wrote a prescription and gave it to me. He advised my mother to stay in bed for three days and come back after a week.
Then father took my mother home directly and I went to the nearest dispensary.
7. Who was sick yesterday?
a.My mother
b. the writer’s mother
c. my father
d. the writer’s father
8. What did the doctor do first after the patience enter his room?
a.Examined the patient first after the patients enter his room.
b.Took the patient’s blood pleasure by using spignomonometer.
c.Listened to the patient’s complain patiently.
d.Wrote a prescription and gave it to the writer.
9. What is used to take the patient’s temperature?
a.Thermometer
b.stethoscope
c.spignomonometer
d.electrocardiograph
10. “After that, he took my mother’s blood pleasure…’(second paragraph). The underline word means….
a.Examining
b. complaining
c. putting
d. using
11. Why does the writer write such kind of text?
a. To present his pointing of view
b. To retell events for the purpose of informing
c. To persuade the readers to go to the doctor
d. To explain how the doctor explain the patients
The following text is for number 12-14
Two year ago when I (11)…….in elementary school, I (12) …. Two close friends. At that time we usually (13) …..football every afternoon.
12. a. am b. was c. will be d. have been

13. a. had b. will have c. have been d. have

14. a. played b. plays c. play d. are playing

15. Arrange the following words in to good sentences Were – stewardess – very – the – kind – helpful – and 1 2 3 4 5 6 7
a. 2-1-4-6-5-3-7
b. 4-2-1-3-5-7-6
c. 3-5-2-1-4-7-6
d. 4-2-1-6-3-7-5
16. Bob : “ how was your flight?Lina : Oh, It’s was ……enjoyable. I like it.’
a. Rather
b. about
c. not
d. really
17. My school ….. an excursion a week ago.
a. Took
b. takes
c. taking
d. taken
18. Lina went to Borobudur temple yesterday. She used …. Own car to travel.
a. Mine
b. her
c. you
d. him
19. Bob wrote a letter ……
a. Tomorrow
b. yet
c. last night
d. at present
20. A mini bus is a/an…..
a. Means of air transportation
b. means of sea transportation
c. Means of sky transportation
d. means of land transportation
B. Translate to English
1. Saya adalah seorang pelajar SMP kelas VII.
2. Saya belajar setiap hari di rumah.
3. Mereka pergi ke pantai Kuta dua bulan yang lalu.
4. Tanggal 20/4/2011 adalah waktu yang sangat menggembirakan.
5. Kita sepakat bahwa kita akan terus bersama-sama selamanya.

Apakah ada soal yang sulit dan tidak bisa dijawab?

Daftar dan Kamus Istilah Musik

16.34 Posted by Harri Pranata No comments
A A : Nada dalam musik (La); kunci A. A Bene placito : Tergantung sang pemain. Abbandono : Sepenuh perasaan. Dalam bahasa lain istilah ini bisa disebut juga Abbandonamente. A Cappela : Musik mulut; Meniru suara alat musik dngan mulut; Tanpa alat musik. Acelerando : Bertambah cepat temponya. Accent : Aksen; Ditekan; Dinaikkan satu oktav. Accompaniment : Musik pengiring. Adagio : Pelan. Adagissimo : Sangat pelan sekali. A due : Untuk duet, Dua instrumen dimainkan bersama-sama setelah permainan tunggal salah satu instrumen. Affannato : (affannoso): penuh kepedihan. Affettuoso : Dengan kasih (dengan emosi); lihat pula con affetto Affrettando : Terburu-buru, bergegas maju. Agitato : Agitasi;Gelisah; dengan kegembiraan. Akord : Bunyi bersama dari beberapa nada (minimal 3 nada) yang dalam posisi adli berjarak terts. Alla breve : Dalam waktu yang terpotong; dua ketukan per birama atau ekuivalennya. Alla marcia:Dengan gaya baris-berbaris. Allargando : Setiap kali semakin lambat Allegretto : Agak hidup; Agak cepat Allegrissimo : Sangat cepat, namun lebih lambat dari presto. Allegro :  Musik yang riang; Cepat; Hidup Alterasi : Alterasi / Accidental adalah perubahan tanda  dan mol yang bersifat sementara.  Altissimo : Sangat tinggi. Alto : Suara rendah wanita. Amoroso : Dengan cinta Anacrusis : Not yang mendahului birama pertama. Analog : Alat musik elektronik yang tidak digital. Andante : Tempo menengah; Seperti kecepatan orang berjalan. Andantino:Sedikit lebih cepat dari andante. Animato : hidup. Apaise : Tenang. Appassinato : Dengan penuh semangat.  Arco : Tanda digunakan untuk membalikkan/menghilangkan perintah pizzicato. Arpegio :  Uraian nada-nada dari chord yang berurutan naik dan turun.  Augmented : Interval/jarak nada yang di perlebar. 
B B : Nada dalam musik (si), Kunci b Bacbeat : Latar belakang irama/ ritme yang stabil. Ballad : Lagu bercerita; Lagu yang berirama lambat. Band : Biasanya terdiri dari perkusi, woodwind, dan instrumen brass, dan tidak termasuk string Bar : Pengelompokan ketukan-ketukan dalam hitungan genap atau ganjil. Bar line : Garis vertical pemisah yang membatasi antara bar. Baritone : Pertengahan suara antara suara tenor dan bass pada vokal pria atau alat musik. Baroque : Jaman musik antara tahun 1600-1750.  Bass : Nada terendah pada musik; Suara terendah dari vokal pria. Bass clef : Nama lain untuk tanda kunci untuk kunci F Baton : Tongkat yang digunakan konduktor; biasanya untuk memimpin orkestra Beat : Ketukan teratur sebagai pedoman meter; ritme; dan tempo.- Jenis irama musik Bending note : Nada yang meliuk ( ciri khas dari musik blues ) Brass section : Kelompok pemain Brass bagian dari band. Bridge : Bagian transisi antara dua tema musik. Brightly : Dimainkan dengan jelas, Gembira. Broken chord : Urutan chord yang dimainkan secara tidak beraturan.Tidak umum  
C C : Nada awal dalam tangga nada mayor diatonis  Cadence :Progression / resolution melodi atau harmoni yang menjadi konklusi sementara atau akhir Cadenza :Pemeragaan kemahiran tehknik bermain (improvisasi) oleh solis di akhir lagu. Canon : Musik kanon, di mana dua atau lebih bagian yang memiliki melodi yang sama tetapi mulai dari titik yang berbeda. Changes :Pergerakan chord Chord :Harmonisasi tiga nada atau lebih. Chord embellishment :Memperindah harmoni dengan penambahan ornamentasi nada pada chord Chordal tones :Nada-nada yang terdapat di dalam konstruksi chord. Chromatic :Susunan/ penggunaan melodic atau harmonik dari 12 nada. Clef :Simbol yang menyatakan wilayah nada-nada pada staff, di sesuaikan dengan kebutuhan dan alat musik. Coda :Bagian penutup dari musik. Combrio : Berkobar-kobar Composer : Orang yang menciptakan sebuah komposisi musik Common time :Empat ketukan dalam satu bar. Con amore : Dengan penuh cinta Con brio : Dengan hidup Con dolore : Dengan sedih Con espressio : Dengan penuh perasaan Con fiesto : Dengan meriah Con maestoso : Dengan agung  Consanance : Gabungan beberapa nada yang terdengar harmonis/ enak. Counterpoint : Alur dua rangkaian melodi atau lebih secara bersamaan. Crescendo : Suara menjadi keras secara bertahap. 

D Da capo : Kembali ke awal. Da segno : Ulangi dari tanda Segno. Biasanya diikuti oleh Fine al. Decrescendo : Semakin lama semakin lirih. Diatonis Diminised : Diminuendo : Dim; Teknik bermain bertahap lebih lembut. Identik dengan decrescendo. Dinamika : Keras lemahnya nada. Disonan : Dua nada yang dibunyikan bersama dan memberikan kesan gelisah/tegang. Dolce : Dengan manis. Dominan : Tingkat kelima dari skala besar atau kecil. Juga, istilah untuk akord pada tingkat kelima, dalam analisis harmoni. Dorian :  Salah satu Skala pada permainan Gitar Drum : kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari membran yang direntangkan dan dipukul dengan sebuah stick. Susunan grum umumnya terdiri dari snare, tom-tom, cymbal dan bass drum. Duration : panjang pendeknya nada/lamanya lagu
E Enharmonis : Ketinggian nada sama namun namanya berbeda.

F False : Fals; sumbang; tidak sesuai dengan tangga nada Fermata : Tahan; jeda. Forte : (dinamika) Keras biasa disingkat f. Fortessimo : (dinamika) Keras sekali biasa disingkat ff. Frase : Bagian melodi yang mengekspresikan ide musik, sebanding dengan garis atau kalimat dalam puisi. Full score : Part musik di mana semua bagian untuk instrumen muncul di paranada sesuai dalam rangka standar penulisan instrumen. 

G Gitar : Gitar adalah alat musik dawai yang cara memainkannyadengan cara dipetik Glissando : Skala cepat dicapai dengan menggeser jari dari nada awal sampai nada akhir. Grand piano : Sebuah piano besar dengan bentuk kerangka horisontal, string, dan soundboard. Grave : Lambat. Grazia : Keagungan.

H Harmoni : Gabungan 3 nada atau lebih; Ilmu Hamoni : Ilmu keselarsan dalam menggabungkan akord dengan segala aturan hukum-hukum cara merangkai akord.

I Intensitas : keras lemahnya nada Interval : perbedaan tinggi rendah antara 2 nada.
K Kadens : Sebuah perubahan chord / melodi di akhir frase yg bersifat sementara. Macam kadens: sempurna, plagal, dan tdk sempurna, deseptif Key Signature : Tanda kres atau mol ditempatkan pada awal staf untuk menunjukkan tangganada yang digunakan dalam suatu musik. Klasik : Jaman musik antara tahun 1770-1825. Konsonan : Dua nada yang dibunyikan bersama dan memberikan kesan tenang dan tidak gelisah. Kromatis : Pergerakan nada dengan jarak setiap not nya berjarak setengah nada.  
L Largo : Tempo lambat sekali Legato: Memainkan 2 nada atau lebih dengan menyambungkannya saat berpindah ke nada berikutnya
Legatura : garis yang menghubungkan 2 nada pada ketinggian yang sama

M Maestoso : Dengan agung. Mayor : Mayor Scale : Susunan tangganada dengan jarak nada 1-1-1/2-1-1-1-1/2 Marcato : Teknik dengan cara menekan; sangat beraksen. Median : Tingkat ketiga dari skala besar atau kecil.Dengan label iii dalam skala besar, III dalam skala kecil alami, dan III + dalam skala minor harmonik. Metronome : Instrumen atao alat yang digunakan untuk menunjukkan tempo. Mezzoforte : (dinamika) agak keras biasa disingkat mf. Mezzopiano : (dinamika) agak lembut biasa disingkat mp. Middle C : Nada C yang sesungguhnya, nada C yang berada tepat pada tengah instrumen Grand piano Minor :Tangga nada ini tersusun oleh delapan not.
Moderato : Tempo sedang/dalam - tempo orang berjalan (Adante) Modulasi : Perpindahan dari suatu tangganada ke tangganada yang lain.  
N Natural : Simbol musik untuk mengembalikan nada pada sistem nada awal (tangga nada) dalam suatu lagu.  
O Orchestra : Sekelompok musik besar terdiri dari string, Brass, woodwind, dan instrumen perkusi. Orkertrasi : Cabang ilmu musik yang membahas tentang cara penulisan dan penyusunan Notasi balok pada sistem full score. Ornament : Catatan tambahan ke baris melodi asli untuk hiasan. Misal; Trill, Appogiatura dsb Overture : Musik pengantar untuk Oratorio, opera atau balet. Sebuah pembukaan konser adalah sebuah karya independen.

P Pentatonis  : musik yang menggunakan 5 nada dalam satu oktafnya
Perfect Pitch : Naluri nada; kemampuan mengetahui nada atau akord hanya dengan mendengar. Phrase : (Frase) Bagian melodi yang mengekspresikan ide musik, sebanding dengan garis atau kalimat dalam puisi. Pianissimo : (dinamika) lembut sekali biasa disingkat pp. Piano : (dinamika) lembut, Alat musik piano Pitch : tinggi rendahnya nada Pitch Control : Pengendalian kestabilan nada-nada dalam sebuah nada dasar Prelude : Gerakan pengantar atau bagian. Presto : Tempo sangat cepat Prima vista : Memainkan atau menyanyikan suatu notasi langsung pada pandangan pertama pada kertas musik. Primo : Kembali ke tempo semula biasa disebut a tempo.


R Ref : Refrain Refrain : Sebuah bagian singkat berulang yang terjadi pada akhir setiap bait. Rest : Simbol yang digunakan untuk menunjukkan diam/istirahat. Rapshody : Sebuah gaya bebas instrumental, ditandai dengan perubahan dramatis dalam mood. Ritenuto : Diperlambat. Biasa disingkat rit. Rubato : Istilah yang digunakan untuk menunjukkan fleksibilitas tempo untuk membantu dalam mencapai ekspresif.

S Score : Penggambaran tertulis dari semua bagian dari sebuah ensemble musik dengan bagian yang ditumpuk secara vertikal dan berirama selaras. Serenade : Sebuah lagu cinta, biasanya dilakukan di bawah jendela  di malam hari. Sopran : Suara tinggi wanita. Symphony : Sebuah karya untuk orkestra besar, biasanya dalam empat gerakan, di mana gerakan pertama sering dalam bentuk sonata. Syncop : Aksen yang tidak tepat pada ketukan.

T Tanda birama : adalah angka pecahan(4/4, 3/4, dsb.) yang ditulis di depan tanda kunci. Tangga nada : rangkaian nada minimal 5 nada yang memiliki jarak yang sudah ditentukan dan berawal pada tonika dan berakhir pada tonika tersebut tapi pada oktaf berikutnya. Tempo : Kecepatan lagu Tenor : Suara tinggi pria. Tone Colour : Warna suara atau nada (timbre)
V Violin : Violin atau Biola adalah salah satu alat musik dawai yang cara memainkannya dengan cara digesek. Vivace : Hidup

Sejarah Musik Jazz di Dunia dan Indonesia

16.25 Posted by Harri Pranata No comments
Musik Jazz identik dengan kalangan atas dan elite. Namun jika kita flashback ke belakang kita akan mengetahui bahwa sebenarnya musik Jazz lahir dari kalangan bawah Amerika yang tertindas.
Berikut ceritanya bagaimana musik Jazz bisa mendunia sampai sekarang :

1. Sejarah Musik Jazz di Dunia
Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz.Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.Musik jazz banyak menggunakan instrumen gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Salah satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopasi. 

Musik jazz pertama dari Amerika adalah benar-benar asli kontribusi kepada dunia seni masyarakat. Periode 1930an dan pada tahun 1940-an sampai sekarang adalah satu-satunya dalam sejarah ketika usia popularitas jazz lainnya hilang cahayanya semua genre musik di AS Adalah suatu masa yang dikenal sebagai era Big Band, dan selama itu ayunan musik adalah raja. 

Popularitas jazz, dan cara bermain dalam perubahan gaya musik, waned setelah WWII. Namun band besar dari orang-orang seperti Duke Ellington, Woody Herman, Count Basie dan lain-lain upheld tradisi di tahun 1970-an dan seterusnya. Selain itu jazz kelompok kecil, terdiri dari kedua mantan band besar era soloists musisi muda baru dan sama-sama, ada lanjutan untuk memanfaatkan paralel distinctions banyak dari bahasa yang mereka bermain di ayunan dan rekaman sejak jatuhnya band yang besar. Demikian pula yang besar, pop jazz dan vocalists dari tahun 1950-an dan 1960-an yang digunakan oleh aturan dan instrumentasi arrangers dan musisi yang berkaitan dengan sebelumnya, dan pemahaman, maka kata-kata dari Big Band era.  Bahasa ayun masih hari ini diucapkan oleh sejumlah berbakat sekarang ini modern dan musisi jazz band ayunan.

Pertengahan tahun 1990-an memperbaharuinya dalam ayunan musik adalah fueled by a swing dance kebangkitan dari Lindy-hop jitterbug swing dan tarian. Hari ini sukses dan sesi band-pemimpin yang acquiesce untuk merekam dan memutar musik jazz yang swings melakukannya dengan pengetahuan yang menarik perhatian adalah penggemar baru jazz agak mirip dengan rasa yang memuaskan dari ayunan penari; besar bermain lebih mudah untuk memahami dan berhubungan dengan ketika mengalir seperti itu didukung oleh halus, stabil, dan lancar yang rhythms, banyak seperti yang populer di pertengahan 1930an

2. Sejarah Musik Jazz di Indonesia
Musik jazz masuk Indonesia pertama kali pada tahun 30an. Yang dibawa oleh musisi-musisi dari Filipina yang mencari pekerjaan di Jakarta dengan bermain musik. Bukan hanya mentransfer jazz saja, mereka juga memperkenalkan instrumen angin, seperti trumpet, saksofon, kepada penikmat musik Jakarta. Mereka memainkan jazz ritme Latin, seperti boleros, rhumba, samba dan lainnya. 

Nama-nama musisi yang masih diingat adalah Soleano, Garcia, Pablo, Baial, Torio, Barnarto dan Samboyan. Selain bermain di Jakarta, seperti di Hotel Des Indes (sekarang Duta Merlin Plaza) dan Hotel Der Nederlander (jadi kantor pemerintahan), mereka juga bermain di kota lain, seperti di Hotel Savoy Homann – Bandung dan di Hotel Oranje (Yamato) – Surabaya.  Pada tahun 1948, sekitar 60 musisi Belanda datang ke Indonesia untuk membentuk orkestra simfoni yang berisi musisi lokal. Salah satu musisi Belanda yang terkenal adalah Jose Cleber. Studio Orkestra Jakarta milik Cleber mengakomodasi permainan musik California. Band-band baru bermunculan seperti The Progressive Trio, Iskandar’s Sextet dan Octet yang memainkan jazz dan The Old Timers yang memainkan repertoir Dixieland.  Pada tahun 1955, Bill Saragih membentuk kelompok Jazz Riders. Ia memainkan piano, vibes dan flute. Anggota lainnya adalah Didi Chia (piano), Paul Hutabarat (vokal), Herman Tobing (bass) dan Yuse (drum). Edisi selanjutnya beranggotakan Hanny Joseph (drum), Sutrisno (saksofon tenor), Thys Lopis (bass) dan Bob Tutupoly (vokal). 

Band jazz yang terkenal tahun 1945 – 1950 di Surabaya beranggotakan Jack Lemmers (dikenal sebagai Jack Lesmana, ayah Indra Lesmana) pada bass/gitar, Bubi Chen (piano), Teddy Chen, Jopy Chen (bass), Maryono (saksofon), Berges (piano), Oei Boen Leng (gitar), Didi Pattirane (gitar), Mario Diaz (drum) dan Benny Hainem (clarinet).  Nama-nama musisi jazz di Bandung tahun 50 – 60an adalah Eddy Karamoy (gitar), Joop Talahahu (saksofon tenor), Leo Massenggani, Benny Pablo, Dolf (saksofon), John Lepel (bass), Iskandar (gitar dan piano) dan Sadikin Zuchra (gitar dan piano). 

Musisi-musisi muda di Jakarta bermunculan tahun 70 – 80an. Di antaranya Ireng Maulana (gitar), Perry Pattiselano (bass), Embong Raharjo (saksofon), Luluk Purwanto (biola), Oele Pattiselano (gitar), Jackie Pattiselano (drum), Benny Likumahuwa (trombon dan bass), Bambang Nugroho (piano), Elfa Secioria (piano). Beberapa musisi muda lainnya mempelajari rock dan fusion, tapi masih dalam kerangka jazz. Mereka adalah Yopie Item (gitar), Karim Suweileh (drum), Wimpy Tanasale (bass), Abadi Soesman (keyboard), Candra Darusman (keyboard), Joko WH (gitar) dan lainnya.  Pertengahan tahun 80an, nama Fariz RM muncul. Ia lebih mengkategorikan musiknya sebagai new age. Namun, beberapa komposisinya bernafaskan pop jazz, bahkan latin. Indra Lesmana, Donny Suhendra, Pra B. Dharma, Dwiki Darmawan, Gilang Ramadan membentuk Krakatau, dan akhirnya kelompok ini bertransformasi menjadi Java Jazz, dengan mengganti beberapa personil. 

Tahun 90an hingga sekarang, banyak sekali musisi dan kelompok jazz yang terbentuk. Musik jazz yang dibawakan tidak lagi mainstream, namun hasil distilasi berbagai musik seperti fusion, acid, pop, rock dan lainnya. Sebut saja SimakDialog, Dewa Budjana, Balawan dan Batuan Ethnic Fusion, Bali Lounge, Andien, Syaharani, Tompi, Bertha, Maliq & D’essentials dan masih banyak lagi lainnya.  Musisi jazz biasanya banyak bermunculan di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Hal ini disebabkan arus musik jazz lebih banyak mengalir di sana lewat pertunjukan jazz (JakJazz, Java Jazz Festival, Bali Jazz Festival), sekolah musik jazz, studio rekaman dan kafe yang menampilkan jazz. Seorang yang juga berjasa “mengalirkan” arus jazz ke Indonesia adalah Peter F. Gontha, seorang pemilik JAMZ dan pendiri pemrakarsa Java Jazz Festival.