Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

Cara Mudah Belajar Grammar Inggris

Grammar adalah salah satu aspek penting dalam bahasa Inggris. Grammar yang bagus dan baik akan memberikan nilai tambah kepada anda. Tanpa grammar yang benar, suatu komunikasi bisa menjadi ambigu maupun rancu. Lihat saja bagaimana fenomena selebriti yang menyebutkan : " Hello. I am Vicky. I am 29 my age". hehehe
Kita bakal menjadi bahan tertawaan jika kita tidak memahami bahasa Inggris dengan baik.
Sebenarnya untuk mendapatkan grammar yang baik, kita harus sering latihan dan latihan. Baik latihan writing, speaking, listening, etc.




Well, untuk itu silahkan lihat artikel tentang 16 macam Tenses dalam bahasa Inggris di bawah ini :
16 macam Tenses Bahasa Inggris

Setelah mengetahui Tenses yang baik dan benar. Kita juga harus memperbanyak vocabulary alias kosakata yang kita miliki. Penggabungan grammar dan vocab yang baik akan memberikan kalimat yang keren dan dapat dimengerti.

Memang segala sesuatu butuh proses, tapi jika tidak memulai kita tak akan pernah tahu sebagaimana kemampuan kita. Betul?

Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan bisa komen di kolom komentar ya.
Jangan menyerah, belajarlah setiap hari. Apakah teman-teman punya trik khusus agar dapat menguasai Inggris dengan baik dan mudah?
Silahkan dishare di fanpage kita ya : Fanpage FB Ilmu Sekolah Gratis

Learning by Doing

Contoh Soal TOEFL dan Kunci Jawabannya

TOEFL (Test of English as A Foreign Language) merupakan salah satu indikator penting untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris. Untuk mendapatkan nilai TOEFL yang bagus, kita harus banyak berlatih. Mulai dari menjawab soal-soal bahasa Inggris yang berhubungan dengan Grammar, Tenses, Vocabulary, dll. Tidak lupa pula kita harus selalu berlatih speaking, reading, listening, dll.

Gabungan dari latihan, tekad, serta kerja keras yang baik niscaya akan memberikan hasil yang baik pula. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh soal TOEFL yang sering diujikan.
Soal-soal Structure and Written Expression

1. The Actor’s Studio, a professional actors’ workshopin New York City, provides.........where actors
can work together without the pressure of commercial production.
(A) a place and
(B) a place
(C) so that a place
(D) a place is


2. By 1872 the United States had 70 engineering
colleges,...........astonishing expansion credited
largely to the Morrill Act of 1862.
(A) because
(B) an
(C) to which
(D) was


3. Roads in the United States remained crude,.......... with graved or wood planks, until the beginning of
the twentieth century.
(A) were unsurefaced or they covered them
(B) which unsureface or covered
(C) unsurfaced or covered them
(D) unsurfaced or covered


4.  In geometry, an ellipse may be defined as the locus of all points..............distances from two fixed
points is constant.
(A) which as the sum of
(B) of the sum which
(C) whose sum of whose
(D) whose sum that the


5. An image on a national flag can symbolize political ideals that ..........express.
(A) take many words to otherwise would.
(B) would take to many otherwise words
(C) many words to take would otherwise
(D) would otherwise take many words to


6. ............at the site of a fort established by theNorthwest Mounted Police, Calgary is now one of
Canada’s fastest growing cities.
(A) Built
(B) It is built
(C) To build
(D) Having built 


7. One theory of the origin of the universe is...........from the explosion of a tiny, extremely dense fireball
several billion years ago.
(A) because what formed
(B) the formation that
(C) that it formed
(D) when forming


8. The artist Romare Bcarden was........... whose yellows, deep blues, and fuchsias contrasted
strongly with photographic gray in his bright collages.
(A) with a gift for color
(B) a gifted colorist
(C) a gift with colorful
(D) gifted with coloring


9. A three-foot octopus can crawl through a hole.......... in diameter.
(A) than one inch less
(B) less than one inch
(C) one less inch than
(D) than less one inch


10. ............. adopted the decimal system of coinage in 1867.
(A) Canada
(B) When Canada
(C) Canada, which
(D) There was Canada


Untuk mendapatkan file selengkapnya dapat diunduh pada link berikut :
Download TOEFL dan Kunci Jawaban

Bagaimana? Apakah soal-soalnya terlalu sulit untuk dikerjakan?

Untuk mendapatkan Contoh Soal Listening TOEFL bisa langsung ke link di bawah ini :
Download Soal Listening TOEFL 

Untuk memutar file nya bisa menggunakan software Real Player :
Download Real Player

Good Job Fellas.

Cara menulis surat dalam bahasa Inggris

Menulis surat dalam bahasa Indonesia mungkin jauh lebih mudah bagi kita dibandingkan menulis surat dalam format bahasa Inggris. Benarkah? hehehe. Apalagi surat yang kita tulis adalah surat resmi. Tentunya kita harus menggunakan kaidah dan format yang tepat agar dapat menyampaikan maksud/ tujuan surat dengan baik tanpa mengabaikan unsur-unsur formal di dalamnya.

Baiklah untuk pertama-tama kita lihat dulu bagaimana cara menulis surat resmi alias formal dalam bahasa Inggris.
1. Alamat / Address
a) Alamat Anda    
Alamat pengirim harus ditulis di sudut kanan atas surat. 

b) Alamat orang yang Anda kirimi    
Alamat dalam harus ditulis di sebelah kiri, mulai di bawah alamat Anda.

2. Tanggal/ Date
Orang yang berbeda menempatkan tanggal pada sisi yang berbeda halaman. Anda dapat menulis ini di sebelah kanan atau kiri pada baris setelah alamat Anda menulis untuk. Menulis bulan sebagai sebuah kata. 

3. Salam/ Greeting
1) Dear Sir atau Madam, Jika Anda tidak tahu nama orang yang Anda menulis untuk, menggunakan ini. Itu selalu dianjurkan untuk mencoba untuk mencari tahu nama. 

2) Dear Mr Jenkins, Jika Anda tahu nama, gunakan judul (Mr, Mrs, Miss atau Ms, Dr, dll) dan nama keluarga saja. Jika Anda menulis untuk seorang wanita dan tidak tahu apakah dia menggunakan Nyonya atau Nona, Anda dapat menggunakan Ms, yang bagi wanita yang sudah menikah dan tunggal. 

4. Cara Mengakhiri Surat (Ending)
1) Yours faithfully 
Jika Anda tidak tahu nama orang tersebut, mengakhiri surat dengan cara ini. 

2) Yours sincerely 
Jika Anda tahu nama orang tersebut, mengakhiri surat dengan cara ini. 

3) Your signature
Menandatangani nama Anda, kemudian mencetaknya di bawah tanda tangan. Jika Anda berpikir orang yang Anda menulis untuk mungkin tidak tahu apakah Anda laki-laki dari perempuan, menempatkan Anda judul dalam tanda kurung setelah nama Anda.

Lalu, apa sajakah isi surat formal yang harus kita tulis :
1. Paragraf Pertama 
Paragraf pertama harus pendek dan negara tujuan dari surat-untuk membuat penyelidikan, mengeluh, permintaan sesuatu, dll 

2. Paragraf  Tengah
Surat harus berisi informasi yang relevan di balik penulisan surat. Sebagian besar surat-surat dalam bahasa Inggris yang tidak terlalu panjang, sehingga menjaga informasi yang sampai ke inti dan berkonsentrasi pada mengorganisir itu secara jelas dan logis daripada memperluas terlalu banyak. 

3. Paragraf Terakhir Paragraf terakhir dari surat resmi harus menyatakan tindakan apa yang Anda harapkan penerima untuk mengambil-untuk mengembalikan, mengirimkan informasi, dll.

Untuk Format/Layout Surat Resmi dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


Yap dari hasil penjelasan di atas, dapat kita tarik beberapa kesimpulan yang perlu diperhatikan dalam menulis surat formal dalam bahasa Inggris :
1. Selalu menggunakan kalimat pengantar dan salam penutup yang baku.
Untuk kalimat pengantar cukup gunakan: Dear Mr... atau Dear Ms....

2. Kalau anda tidak mengetahui siapa yang akan menerima surat agan tersebut,misal mengirim ke alamat email umum suatu instansi bisa gunakan Madam, Dear Sir, Untuk salam penutup biasanya memakai
Sincerely Yours,akan tetapi kalau surat menyuratnya sudah berlangsung berulang kali dengan orang yang sama,kita bisa menggunakan Best regards.

3.Jangan lupa untuk berterima kasih.
Kalimat yang biasa dipakai : I am looking forward to hearing from you.Thank you very much. kalimat ini memberitahukan kepada sang penerima surat kalau kita menunggu jawabannya atas permintaan kita disurat,dan kita mengucapkan banyak terima kasih sebelumnya. Untuk mengucapkan terima kasih secara umum kita juga bisa menggunakan: Thank you for your kind help

4. Memohonlah dengan sopan
Caranya gampang sekali,cukup dengan menggunakan kalimat berpola: I would be very grateful if you could....(Tinggal anda isi aja titik-titiknya dengan permohonan yang ingin diajukan. Atau contoh lain: If you could....,it would be most appreciated.(isi titik-titiknya dengan permintaan).

5. Jangan pernah menggunakan singkatan (alayy ),simbol pengganti kata,atau kata yang bernuansa non-formal.
Intinya tulislah it is,jangan it's.jangan nulis ala alay ya misalnya pake angka 4 buat kata 'for' atau U buat "you"

Semoga Bermanfaat Sobat. ;)

Contoh Soal UKG Bahasa Inggris

16.53 Posted by Harri Pranata , No comments
Artikel pendidikan ini spesial untuk para bapak/ibu guru yang akan mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru). Soal-soal di bawah ini akan membantu para tenaga pendidik untuk menjawab soal-soal ujian yang akan dihadapi.
Langsung saja, tanpa banyak basa-basi ya pak/buk.hehehe.. Ini dia contoh-contoh soalnya :

1. Agnes : Look ! The flowers are beautiful.
Who … them?
Moci : I did, and I watered them regularly.
 
a. are planting
b. planted
c. plants
d. plant
 
2. Betty : There is not any sugar left, Ratna.
We need … to make cakes.
Ratna : Okay, I’ll buy it then. Do we need eggs, too?
Betty : No, we don’t.
a. many
b. a lot
c. a few
d. any
 
3. X : I want to take my pill....
Y : Sure! A minute, please.
 
a. Do you want some?
b. Can you get me a glass of water, please?
c. Can you take me to the doctor, please?
d. Will you buy it for me, please?
 
4. Anton : What kind of clothes do you like to wear on your birthday party?
Nita : Traditional clothes.
Anton : Traditional clothes?
Nita : Yeah, I ... ask the dressmaker to get it ready next week.
 
a. can
b. will
c. must
d. may
 
5. Budi : I think this shirt needs ironing.
Fika : No, I … it. Touch it. It’s still warm.
 
a. iron
b. will iron
c. am ironing
d. have ironed 
 
6. Teacher : There are some rules to obey in a conservation. You cannot pick anything in it.
Students : What about catching the animals.
Teacher : You ....
a. can do that too
b. cannot do it either
c. have to do it
d. you may do it

7. Dina : Do you know Rafflesia Arnoldi?
Rani : Yes, it smells very bad … it is a beautiful flower. Dina : And it is also the biggest flower in the world.
a. although
b. but
c. and
d. or

8. Irma : Mardi Lestari was the fastest sprinter in 1989.
Yenny : He’s the fastest … in Indonesia but also in Asia.
a. both
b. either
c. neither
d. not only

9. Pitoy : Wow! It’s cool and nice. And look at this seat and that TV …
Jackson : Yeah, you’re right.
a. What is a luxurious train?
b. What train is luxurious?
c. What a luxurious train it is!
d. What is it? A luxurious train

10. Yuni : How could an Indonesian sprinter, Kalimanto, defeat a Malaysian sprinter, Rosman Alwi in the last SEA GAMES?
Sony : Everyone knows that Kalimanto ran … Rosman Alwi.
a. fast
b. as fast as
c. faster than
d. the fastest

11. These animals have become very rare in Indonesia because people used to hunt them for skin and sport. They look like large cats and have yellow fur with black spots and long tails. The animals are ....
a. lions
b. leopards
c. tigers
d. panthers

12. Librarian : Stop talking, please! You disturb other visitors.
Students : ... We didn’t mean it.
a. We are sorry.
b. We are disappointed.
c. We are happy.
d. We are displeased.

13. Putri wants to apply for a job. Now the manager is interviewing her.
Mr. Gita : What foreign language can you speak?
Putri : English and Italian.
Mr. Gita : … Putri : Yes, fifty words a minute.
a. Can you help me?
b. Can you type?
c. Would you type this letter?
d. Can you write letters?

14. Mr. Harri : Would you get me a cup of tea, please?
Housemaid : I am sorry, sir. ... no tea left. We have only coffee.
a. There is
b. There isn’t
c. There are
d. There aren’t

15. Lina : ..., sir. I come late.
Teacher : That’s all right. Go to your seat.
a. Let me explain
b. I’m sorry
c. I’m happy
d. Sorry to trouble you

16. Syahril : I’ve got a problem with my computer. ... you repair it?
Rudy : Yes, but have you brought it to a computer technician before?
Syahril : Not yet. Rudy : Bring your computer here and I will check it.
a. Will
b. Shall
c. Can
d. Must

17. Suci : What’s the matter with you?
Bella : I’ve got a headache. …
Suci : Yes, of course.
a. Could you get me an “Bodrex”, please?
b. What about going to the doctor?
c. Why don’t you go and see a doctor?
d. Could I help you?

18. Mrs. Yanto : What about our new uniform? Are you going to sew it yourself?
Mrs. Fakih : No, I’m not. I ... to the dressmaker next Sunday.
a. go
b. went
c. have gone
d. will go

19. Lani : My father ... to Singapore.
Sonya : How long will he be there?
Lani : For two weeks.
a. went
b. goes
c. has gone
d. may go

20. Intan : Mom, can I go to the zoo next Sunday?
Mother : I’m afraid you can’t. We ... your grandmother next Sunday.
a. visit
b. visited
c. have visited
d. are going to visit

Bagaimana bapak/ibu? ada soal yang sulit dan tidak dapat dimengerti?
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Thanks. ;)

Soal dan Pembahasan Listrik Dinamis Fisika

23.41 Posted by Harri Pranata , , No comments
Listrik merupakan suatu komponen penting yang dapat menunjang kehidupan kita. Tanpa listrik, kita akan sangat kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk setidaknya mengetahui bagaimana proses listrik itu bekerja.

Apakah yang dimaksud dengan listrik dinamis?
Listrik Dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. Cara mengukur kuat arus pada listrik dinamis adalah muatan listrik dibagi waktu dengan satuan muatan listrik adalah Coulumb dan satuan waktu adalah detik atau second.


Beda Potensial Listrik
Beda Potensial listrik adalah banyaknya energi untuk memindahkan muatan listrik dari satu titik ke titik lain. Secara matematis dituliskan :
image
V = beda potensial (volt)
W = energi listrik (joule)
Q = muatan listrik (coulomb) 

 
Kuat Arus Listrik
Kuat arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Secara matematis dituliskan :
image
keterangan :
I = Kuat arus listrik (ampere)
Q = muatan listrik (coulomb)
t = waktu (sekon) 


Arus listrik hanya mengalir pada rangkaian tertutup. Sehingga, ketika saklar dimatikan maka arus listrik akan terhenti.




Hukum Ohm
Hukum Ohm menyatakan bahwa kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu penghantar sebanding dengan beda potensial pada ujung-ujung penghantar.
image
keterangan :
V = beda potensial (volt)
I = kuat arus listrik (ampere)
R = hambatan listrik (ohm)





Contoh Soal dan Jawaban Materi Listrik Dinamis Fisika SMP dan SMA
1. Sebuah rangkaian listrik arus searah terdiri dari sebuah baterai 12 volt, dan tiga buah hambatan masing-masing:
R1 = 40 Ω
R2 = 60 Ω
R3 = 6 Ω 


Tentukan:
a) hambatan total pada rangkaian
b) kuat arus rangkaian (I)
c) kuat arus pada hambatan R1
d) kuat arus pada hambatan R2
e) apakah Itotal, I1 dan I2 memenuhi hukum kirchoff arus?


Pembahasan
a) seperti nomor 12, adik akan mendapatkan jawaban Rtotal= 30 Ω
b) Kuat arus rangkaian
I = 12 volt / 30 Ω
I = 0,4 A
c) kuat arus pada hambatan R1
I1 = Itotal x (R2 / (R1 + R2)
I1 = 0,4 x (60 / (40 + 60)
I1 = 0,4 x (60 / (100) = 0,24 A
d) kuat arus pada hambatan R2 I2 = Itotal x (R1 / (R1 + R2) I2 = 0,4 x (40 / (40 + 60)
I2 = 0,4 x (40 / (100) = 0,16 A
e) apakah Itotal, I1 dan I2 memenuhi hukum kirchoff arus?
Menurut hukum kirchoff arus,
ΣImasuk = ΣIkeluar
Jadi jumlah I1 dan I2 harus sama dengan Itotal = 0,4 A
Itotal = I1 + I2
Itotal = 0,24 + 0,16 = 0,40 A, sesuai hasil perhitungan point b diatas.



2. Jokowi membeli lampu bertuliskan 220 volt, 100 watt, perkirakan hambatan yang dimiliki lampu tersebut!  Pembahasan 
Mencari hambatan dari daya lampu yang diketahui: 
P = V2/ R 
R = V2/ P 
R = 2202 / 100 R = 484 Ω

3. Pemanas air dengan spesifikasi 200 watt digunakan untuk memasak air bersuhu 30°C sebanyak 0,5 kg. Jika kalor jenis air adalah 4200 J/kg°C tentukan berapa lama waktu yang diperlukan hingga air mencapai suhu 100°C ! 
  
Pembahasan
Energi listrik diubah menjadi kalor untuk memanaskan air
Data soal:
P = 200 watt
Δ T = 100 − 30 = 70 °C
m = 0,5 kg
c = 4200 J/kg°C
t = ……….

P x t = m x c x ΔT
200 x t = 0,5 x 4200 x 70
t = 147000 / 200
t = 735 detik
t = 735 / 60 menit = 12,25 menit 


4. Sebuah lampu dipasang pada tegangan 220 volt dan menghasilkan kuat arus listrik sebesar 0,25 A. Tentukan :
a) daya lampu
b) energi yang digunakan lampu dalam 12 jam
Pembahasan
Rumus daya listrik:
P = V x I
a) daya lampu
P = V x I = 220 x 0,25 = 55 watt
b) energi dalam 12 jam = 12 x 60 x 60 detik = 43200 detik
W = P x t = 55 x 43200 = 2376000 Joule

Soal dan Jawaban Medan Magnetik Fisika

12.53 Posted by Harri Pranata , No comments
Apakah sudah pernah mendengar dan mempelajari tentang materi Fisika Medan Magnetik? Kalau sudah bagus sekali, kalau belum juga tidak usah khawatir, karena kak Harri akan mengulas tentang materi ini secara singkat, lengkap dan jelas.

Apakah itu Medan Magnet?
Magnetisme adalah salah satu fenomena yang terjadi pada materi/benda yang dapat memberikan gaya menarik atau menolak terhadap benda lainnya. Beberapa benda yang memiliki sifat magnet adalah besi, dan beberapa baja, serta mineral Iodeston; namun, seluruh benda pasti terpengaruh oleh adanya gaya magnet ini walaupun kecil.








Garis-Garis Medan Magnet
Ada tiga aturan garis-garis medan magnet, yaitu :    
1. Garis-garis medan magnet tidak pernah memotong satu sama lain   
2. Garis-garis medan magnet selalu keluar dari kutub utara dan memasuki kutub selatan dan membentuk kurva tertutup.   
3. Jika garis-garis medan magnet di daerah tertentu rapat, maka medan magnetis pada daerah itu kuat, demikian sebaliknya jika garis-garis medan magnet renggang, maka medan magnetis di daerah itu lemah.

Untuk mendapatkan gambarannya, coba dilihat video berikut ini :

Sudah dapat dipahami?

Bagaimanakah contoh soal materi Medan Magnetik Fisika SMA Kelas XII ?

1. Kuat garis-garis gaya magnet disebut……
a. medan magnet 
b. induksi magnetik 
c. diamagnetik 
d. paramagnetik 
e. feromagnetik

2. Saat elektron memasuki medan magnet, electron Mendapat gaya Lorentz  yang searah dengan........
a. sumbu x positif 
b. sumbu y positif 
c. sumbu z positif 
d. sumbu z negatif 
e. sumbu y negatif

3. Di antara contoh-contoh di bawah ini, yang merupakan bahan diamagnetik...... 
a. aluminium, tembaga, besi 
b. aluminium, perak, tembaga 
c. tembaga, emas, perak 
d. aluminium, tembaga, wolfram 
e. wolfram, bismuth, magnesium

4. Gaya gerak listrik induksi yang terjadi dalam suatu rangkaian besarnya berbanding  Lurus dengan cepat perubahan fluks magnetik yang dilingkunginya.Hukum ini  Diungkapkan oleh…..
a. Lorentz 
b. Biot – Savart 
c. Faraday 
d. Henry 
e. Lentz

5. Dua kawat amat panjang dipasang vertikal sejajar dengan jarak d. Kawat pertama dialiri arus I ke atas. Titik P (dalam bidang kedua kawat itu) terletak diantaranya dan berjarak 1/3 d dari kawat pertama. Jika induksi magnetik di titik P besarnya nol, ini berarti arus yang mengalir dalam kawat kedua adalah … 
a. 1/3 I ke bawah 
b. ½ I ke bawah 
c. 3I ke atas 
d. 2I ke atas 
e. 2I ke bawah

Silahkan didownload pada link di bawah ini untuk mendapatkan file lengkap nya :
Download

Soal SNMPTN 2012 : Aljabar dan Aritmatika Sederhana

Bagi yang mengalami kendala dalam mengerjakan soal-soal aljabar dan Aritmatika Sederhana. Semoga artikel ini dapat membantu kamu. Soal-soal ini merupakan contoh soal Tes Potensi Akademik pada SNMPTN 2012 yang kak Harri dapat dari blog nya pak Anang.







Berikut adalah beberapa contoh soal nya :

1.  Jika perbandingan antara peserta wanita dan peserta pria dalam suatu  pertemuan adalah 5 : 3, berapa
persentase peserta pria dalam pertemuan tersebut?
A.  20,0%
B.  25,0%
C.  37,5%
D.  60,0%
E.  70,0%



2. [0,07 (5^2) + 400 (0,01%)] = ....
A.  1,97
B.  1,95
C.  1,79
D.  1,75
E.  1,74

Silahkan langsung di download file lengkap beserta jawabannya disini

Semoga dapat membantu kamu dan lulus SNMPTN di Universitas yang kamu inginkan.
Good Luck. ;)

Sistem Operasi Hitung Matematika

12.50 Posted by Harri Pranata , No comments
Sudah belajar mengenai Sistem Operasi HitungSistem Operasi Hitung sederhana dalam matematika terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Apa sajakah sifa-sifat yang berlaku dalam suatu operasi hitung ?
Ada 3 sifat yang dimiliki operasi hitung bilangan cacah. Sifat-sifat yang dimaksud adalah sifat komutatif, sifat asosiatif, dan sifat distributif.       
Kita akan membahas ketiga sifat tersebut di bawah ini :

1.Sifat Komutatif  
Seperti yang telah kamu ketahui, sifat komutatif disebut juga sifat pertukaran. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjumlahan berikut :
2 + 4 = 6 
4 + 2 = 6 
Artinya  2 + 4 = 4 + 2. 
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada penjumlahan
Misal :  2 × 4 = 8
           4 × 2 = 8 
           Jadi, 2 × 4 = 4 × 2. 

Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada perkalian. Apakah sifat komutatif berlaku pada pengurangan dan pembagian? Perhatikan contoh berikut. 
a. 2 – 4 = –2
    4 – 2 = 2 
Jadi, 2 – 4 tidak sama dengan 4 – 2, atau 2 – 4 ≠ 4 – 2. 

b. 2 : 4 = 0,5
    4 : 2 = 2 
Jadi 2 : 4 tidak sama dengan 4 : 2, atau 2 : 4 ≠ 4 : 2  
Oleh karena itu , pada pengurangan dan pembagian tidak berlaku sifat komutatif.      

2. Sifat Asosiatif  
Pada penjumlahan dan perkalian tiga bilangan bulat berlaku sifat asosiatif atau disebut juga sifat pengelompokan. Perhatikanlah contoh penjumlahan tiga bilangan berikut. 
(2 + 3) + 4 = 5 + 4 = 9 
2 + (3 + 4) = 2 + 7 = 9 
Jadi, (2 + 3) + 4 = 2 + (3 + 4). 
Sifat seperti ini dinamakan sifat asosiatif pada penjumlahan.  Contoh : 
(2 × 3) × 4 = 6 × 4 = 24 2 × (3 × 4) = 2 × 12 = 24 
Jadi, (2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4). Sifat ini disebut sifat asosiatif pada perkalian.      

3. Sifat Distributif  
Selain sifat komutatif dan sifat asosiatif, terdapat pula sifat distributif. Sifat distributif disebut juga sifat penyebaran. Untuk lebih memahaminya, perhatikanlah contoh berikut. 

Contoh : 
1. Apakah 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5)? 
Jawab: 3 × (4 + 5) = 3 × 9 = 27 (3 × 4) + (3 × 5) = 12 + 15 = 27 
Jadi, 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5). 

2. Apakah 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5)? 
Jawab: 3 × (4 – 5) = 3 × (–1) = –3 (3 × 4) – (3 × 5)
 = 12 – 15 = –3 
Jadi, 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5). 
Contoh 1 dan 2 menunjukkan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan dan pengurangan. 

Baiklah, jika sudah paham dengan penjelasan di atas, ada baiknya kita berlatih soal-soal di bawah ini :

Contoh Soal Sistem Operasi Hitung dan Soal Matematika kelas 4 SD Semester 1

Isilah titik-titik di bawah sesuai dengan sifat komutatif
1. 18 + 25 = . . . . + 18

2. 17 + 48 = 48 + . . . . 

3. 125 + 275 = . . . . + 125 

4. 400 + 150 = 150 + . . . . 

5. 151 + 207 = . . . . + 151

6. 2 × 10 = . . . . ×2

7. 8 × 7 = 7 × . . . . 

8. 12 × 31 = . . . . × 12 

9. 20 × 35 = . . . . × 20 

10.  . . . . × 105 = 105 × 8 

Isilah titik-titik di bawah sesuai dengan sifat asosiatif
1. (2 + 4) + 5 = . . . . + (4 + 5) 

2. (4 + 6) + 8 = 4 + (. . . . + 8) 

3. (121 + . . . .) + 122 = 121 + (112 + 122) 

4. (44 + 334) + 66 = 44 + (334 + . . . .) 

5. 90 + (56 + 45) = (90 + . . . .) + 45

6. (15 × 25) × 5 = . . . . × (25 × 5) 

7. 4 × (12 × . . . .) = (4 × 12) × 5 

8. 5 × (8 × 20) = (5 × . . . .) × 20 

9. 41 × (7 × 85) = (. . . . × 7) × 85 

10. . . . . × (5 × 11) = (32 × 5) × 11


Isilah titik-titik di bawah sesuai dengan sifat distributif
1. 150 × (. . . . + . . . .) = (150 × 8) + (150 × 2) 

2. 13 × (5 – 2) = (13 × . . . .) – (13 × . . . .) 

3. 25 × (. . . . – 3) = (25 × 7) – (25 × . . . .) 

4. 45 × (. . . . – 5) = (45 × 10) – (45 × . . . .) 

5. 9 × (4 – . . . .) = (9 × . . . .) – (9 × 1) 

Paham kan? ternyata matematika itu mudah kan adik-adik? Tidak sesulit yang selama ini dibayangkan.
Semoga Sukses ya dalam Belajar.