Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

TOEFL - Soal dan Pembahasan Reading Session (2)

Postingan kali ini adalah sambungan dari postingan soal dan pembahasan reading session bagian 1 sebelumnya. Ayo kita simak lebih lanjut...
There are two kinds of evidence which can explain how some of Charles Darwin's opinions were formed and promulgated. The first is an essay on population growth by Thomas Malthus and the other is the theory and practice of selective breeding.
Thomas Malthus wrote that the human population was growing faster than food supply needed to feed it. This started Darwin's thinking about all forms of life. He realized that in nature too many organism are being produced, and that many of their offspring did not survive. He concluded that there must be some kind of struggle between the organism to survive. Only some organism can survive by winning the competition for food, avoiding predators and by finding shelter.
Selective breeding showed Darwin that plants and animals could be created by the selection of parents which have the best possibilities for survival. Breeders and growers selected parents with the most suitable size, color and number of seeds or offspring. This was artificial selection, and it led Darwin to believe that there was a similar force in nature, but a natural selection.
Darwin drew up his theory of evolution by natural selection over a period of many years, and the final outcome was his book entitled "The Origin of The Species", in which he stated that not only was evolution by natural selection but also that organism with variations suitable for the environment survive and eventually an organism population as a whole will become better suited for its environment.
Judul (Reading)
1. Which of the following would be the best title for the passage?
a) Survival of the Fittest
b) Charles Darwin's Opinios
c) Thomas Malthus' Theory
d) Darwin's Theories : The Evidence
Jawaban : D
Penjelasan : Jawaban untuk pertanyaan mengenai judul hampir selalu terdapat dalam paragraf pertama. Paragraf pertama. Paragraf pertama bacaan di atas menulis adanya dua bukti dan kemudian pengarang menjelaskan dua bukti ini dan hubungannya dengan teori Darwin. Jadi, pilihan D merupakan jawaban yang terbaik.
Kata kunci : two kinds of evidence, his theory of evolution
Arti Kata-kata, Sinonim
2. The word "promulgated" in line 2 is closest in meaning to
a) disseminated
b) concurred with
c) banned
d) opposed
Jawaban : A
Penjelasan : Kata ini dihubungkan dengan kata formed memakai konjungsi and, yang berarti ikut membentuk opini kalimat. Tidak tampak adanya awalan negatif dan tidak ada teks yang mendukung bahwa kata ini punya arti negatif. Darwin menerbitkan buku dan paper didasarkan pada opininya. Jadi, untuk mendukung opininya, Darwin harus menyebarluaskan opininya tersebut mungkin dengan publikasi. Inilah yang menjadi arti kata promulgated (diterbitkan agar tersebar). Pilihan A mempunyai makna yang mirip.
Kata kunci : and, formed
Referensi (Reading), Inference (Reading)
3. The word "it" in line 6 refers to
a) the food supply
b) the human population
c) all forms of life
d) selective breeding
Jawaban : B
Penjelasan : It tidak mengacu pada subjek klausa sebagai objek dan food supply tidak memberi makan food supply. Food supply dapat memberi makan all forms of life, tetapi ini memerlukan bentuk jamak sebagai kata referensi. Subjek utama kalimat yang paling tepat untuk menjadi jawaban adalah human population.
Kata kunci : feed
👉 Fakta (Reading), Kesimpulan
4. Darwin concluded from Malthus' theory that
a) there was not enough food for all the people in the world
b) only those who won the fight for food survived
c) organism survived if they struggle
d) organism survived by becoming predators
Jawaban : B
Penjelasan : Perhatikan paragraf dua, tentang teori Malthus, sampai pengarang menulis tentang kesimpulan Darwin yang tidak memikirkan adanya perjuangan, dia tidak mengatakan bahwa organisme akan hidup jika mereka berjuang. Dia menyatakan hanya beberapa organisme bertahan dengan cara memenangkan kompetisi perebutan makanan dan dengan bertahan dari serangan predator.
Kata kunci : his conclusion, by winning
👉 Arti kata-kata, Inference (Reading), Akar kata
5. The word "predators" in line 11 is closets in meaning to which of the following?
a) disease
b) humans
c) hunters
d) floods
Jawaban : C
Penjelasan : Kata predator mempunyai arti orang atau hewan yang berbahaya bagi kehidupan suatu organisme. Jadi, kata hunter yang berarti pemburu merupakan jawaban yang paling tepat.
Kata kunci : avoiding, survive
👉 Inference (Reading), Sinonim
6. Selective breeding means that
a) Organism with the most desirable characteristics were chosen for breeding
b) Parents were selected selected for breeding according to the organism
c) Organism with less desirable features were bred with those with better ones
d) New species of animals and plants were created
Jawaban : A
Penjelasan : Karena pilihan jawaban tersedia dalam bentuk kalimat lengkap, maka kamu harus melihat teks bacaan terlebih dahulu. Pada paragraf tiga dapat kita temukan bahwa tumbuhan dan hewan yang diciptakan dari induk pilihan mempunyai kemungkinan hidup terbesar. Pengarang melanjutkan dengan menulis bahwa organisme dengan bentuk yang kurang diinginkan tidak terpilih. Dari sini dapat kita duga bahwa hanya yang mempunyai bentuk atau karakteristik yang lebih diinginkan yang terpilih.
Kata kunci : selection of parents, less desirable features
7. The word "growers" in line 15 refers to
a) food
b) animals
c) organism
d) plants
Jawaban : D
Penjelasan : Kata ini dikombinasikan dengan kata breeders yang mengacu pada hewan. Kalimat dimulai dengan menyatakan tanaman dan hewan yang diinginkan, maka dapat kita simpulkan bahwa dua hal ini berhubungan. Jadi, growers mengacu pada tumbuhan.
Kata kunci : breeders and, desirable plants and animals
8. Artificial selection is used by
a) parents
b) nature
c) people who raise animals
d) most plants
Jawaban : C
Penjelasan : Pengarang menyatakan pada akhir paragraf 3 bahwa this was artificial selection, this mengacu pada kalimat sebelumnya, yaitu bahwa breeder and growers select suitable parents. Ini merupakan artificial selection dan digunakan breeders dan growers. Breeder adalah seseorang yang membiakkan hewan yang seringkali menggunakan artificial selection.
Kata kunci : this, breeders
👉 Fakta (Reading), Kesimpulan
9. Darwin's final conclusion as stated in his book was
a) that he whole population will eventually survive
b) that whole groups of plants and animals will adapt better to their environment
c) that the environment will eventually change to suit organism better
d) evolution was not only by natural selection but also by artificial selection
Jawaban : B
Penjelasan : Buku Darwin disebutkan dalam paragraf terakhir. Dia menyebutkan evolusi terjadi karena seleksi alam, tidak menyebutkan seleksi buatan. Dia juga menulis bahwa keseluruhan populasi organisme akan menjadi lebih baik jika berada di lingkungan yang cocok. Jadi, B merupakan jawaban yang tepat. Sebagai kata kunci untuk soal ini adalah keseluruhan populasi organisme bukan keseluruhan populasi.
Kat kunci : an organism population, as a whole
👉 Sikap Pengarang, Inference (Reading)
10. The author's attitude in this passage appears to be
a) critical
b) obsequious
c) doubting
d) matter of fact
Jawaban : D
Penjelasan : Mungkin kamu tidak setuju dengan teori Darwin tetapi hal ini jangan mempengaruhi jawaban kamu sebab yang ditanyakan bukan sikap kamu tetapi sikap pengarang yang menulis bacaan. Jawaban A, B, dan C salah karena tidak terdapat dalam teks bacaan. Matter-of-fact berarti didasarkan pada fakta, tanpa emosi atau opini, dan inilah yang menjadi sikap pengarang. Pengarang hanya menyatakan bahwa bagaimana Darwin menyusun teorinya, yaitu bagaimana dua bukti bisa membawanya menyusun teori.
Kata kunci : his conclution, Darwin drew up

0 comments:

Posting Komentar