Soal, Jawaban, dan Materi Sekolah dari SD sampai Universitas

TOEFL - Soal dan Pembahasan Reading Session (1)

Pembahasan artikel kita kali ini adalah tentang contoh soal TOEFL dalam sesi Reading. Dalam contoh soal berikut, tidak hanya di bahas soalnya saja tetapi juga disertai pembahasan tentang jawaban dari soal tersebut.
Mari kita mulai dari membahas bacaan pertama...
BACAAN 1
Many forces, hospital managers, medical practitioners, parents too, continue to increase pressure to do more outpatients surgery for children.
The emphasis on faster operating room turnaround time, more effective use of space and personnel and the presumed resulting cost reduction are commonly soght goals. These goals are important for all patients, but especially for the pediatric patient, who is much younger who is free from systemic disease and requires simpler, shorter surgical procedures, and a shorter convalescense.
Despite many advantages pediatric outpatient surgery can have problems. Since children are usually healthy and usually recover from surgery, some doctors may assume that all such patients are outpatient candidates. There may be delays and inappropriate scheduling caused by rush, by inappropriate consulting and previously undiagnosed disease.
However, nearly all problems can be solved by proper patient selection. Many more patients that at present can undergo outpatient anesthesia, reduce the separation time of the child from the family. The advantages listed above will be enhanced when combined with appropriate postoperative discharge criteria and out-of-hospital care. Everyone will benefit : the child, the family, the physician, the hospital staff and even the third party payer.
Maksud (Reading)
1. What is the main purpose of the passage?
a) To force hospital managers to increase outpatient surgery for children.
b) To emphasize faster operating room turnaround time
c) To inform parents about outpatient surgery
d) To put forward reasons in favor of pediatric outpatient surgery
Jawaban : D
Penjelasan : Bacaan ini membicarakan tentang keperluan untuk more outpatients surgery for children, maka diberikan berbagai alasan yang mendukung.
Kata kunci : to do more outpatient surgery for children.
Arti Kata-kata
2. The word 'force' in line 1 is closed in meaning to which of the following?
a) groups
b) soldiers
c) representatives
d) the police
Jawaban : A
Penjelasan : Di sini konteks memberikan petunjuk yang jelas akan arti kata forces, yaitu tentang forces yang melanjutkan menaikkan tekanan yang berarti daya tekan, seperti grup penekan, untuk memperbanyak operasi pembedahan terhadap pasien anak. Sebenarnya tentara, anggota DPR dan polisi juga dapat menjadi penekan, tetapi forces disini berarti manajer rumah sakit, praktisi medis, dan orang tua.
Kata kunci : pressure
3. The word 'commonly sought' in line 6 are closest in meaning to
a) most usually found
b) simply existing
c) generally aimed at
d) frequently achieved
Jawaban : C
Penjelasan : Ini tentang tujuan, tujuan yang commonly sought. Kata kerja yang biasa digunakan dengan kata goal adalah seek, sedang yang tidak umum digunakan aim at, which is more common, dan we see aim at. Karena commonly dan generally merupakan sinonim, maka jawaban yang benar adalah generally aimed at.
Kata kunci : goals
Pertanyaan NOT-type
4. Which of the following is NOT one of the aims mentioned in the passage?
a) more personnels
b) quicker use of operating rooms
c) better use of available space
d) saving costs
Jawaban : A
Penjelasan : Bacaan menyatakan bahwa akan ada more efficient use of ruang dan personel, dan tidak menyatakan adanya personel yang lebih banyak.
Kata kunci : more efficient use of
Inference (Reading)
5. What does the author imply by saying that some doctors assume that all children can be outpatients?
a) They may forget about other patients
b) They may make a mistake
c) They may think all patients are not healthy
d) They may be in a rush
Jawaban : B
Penjelasan : Kalimat tersebut mengacu kembali ke kalimat sebelumnya yang menyatakan anak-anak biasanya sehat dan sembuh dari pembedahan, dan dokter menganggap bahwa mungkin terjadi kesalahan, seperti jadwal dan konsultasi yang tidak perlu atau penyakit yang tidak terdiagnosa.
Kata kunci : usually
6. The word 'convalescence' in line 9 is closest in meaning to
a) treatment
b) hospitalization
c) payment method
d) recovery
Jawaban : D
Penjelasan : Pengarang menulis tentang prosedur medis yang lebih pendek, yaitu operasi singkat dan shorter convalescence dan kemudian mengatakan bahwa convalescence terjadi setelah prosedur pembedahan. Apa yang biasanya terjadi setelah pembedahan? Bukan treatment atau hospitalization karena pembedahan itu sendiri merupakan bagian dari perawatan. Payment period bisa menjadi jawaban, tetapi kita tahu sebagian besar warga Amerika mempunyai asuransi kesehatan. Jadi, masa pembayaran hampir tidak terjadi karena asuransi yang mereka punyai. Sehingga satu-satunya jawaban yang paling mungkin adalah penyembuhan, recovery. Jadi, arti kata convalescence adalah menjadi bertambau kuat setelah sakit.
Kata kunci : and
7. What is the author's purpose in using the word 'however' in line 16?
a) to give reasons for something
b) to join two paragraphs
c) to explain a result
d) to campare similar ideas
Jawaban : B
Penjelasan : However merupakan kata keterangan contrast, tetapi juga berfungsi sebagai penghubung yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat atau paragraf yang memiliki gagasan yang saling bertentangan. Di sini kata however menghubungkan paragraf 3 tentang permasalahan dan gagasan yang berbeda pada paragraf 4 di mana pengarang mendeskripsikan bagaimana menangani permasalahan tersebut. Jadi, B menjadi jawaban yang tepat.
Kata kunci : problems, solved
8. The author means by the term "the third party payer" in the last line
a) banks
b) hospitals
c) relatives
d) insurance companies
Jawaban : D
Penjelasan : Istilah third party mengacu pada orang atau organisasi yang terlibat, tetapi bukan terlibat secara prinsip, artinya bukan pasien ataupun rumah sakit. Pihak tersebut bisa sanak famili sampai bank, jika pasien meminjam uang dari bank. Meskipun begitu pasien masih tetap membayar. Dalam kasus perusahaan asuransi situasinya berbeda karena yang menjadi pembayar adalah perusahaan asuransi. Jadi, merupakan pihak ketiga yang sesungguhnya, dan ini menjadi pilihan jawaban yang terbaik.
Kata kunci : third party
👉 Audience (Reading), Inference (Reading)
9. The audience for this passage could most likely be?
a) hospital managers
b) the parents of pediatric patients
c) physicians
d) the department of health
Jawaban : D
Penjelasan : Karena bacaan menyebutkan manajer rumah sakit, praktisi medis dan orang tua melanjutkan meningkatkan tekanan, berarti bacaan tidak ditujukan pada mereka. Karena perubahan penting terlihat setelahnya, maka tampaknya pengarang mencoba membawa masalah tersebut untuk mendapat perhatian dari departemen kesehatan.
Kata kunci : many forces, continue to increase pressure
👉 Sikap Pengarang
10. What is the author's attitude towards more outpatient surgery for children?
a) he is against
b) he thinks it unlikely to happen
c) he is in favor
d) he thinks there are too many problems
Jawaban : C
Penjelasan : Sikap pengarang terdapat dalam paragraf terakhir di mana pengarang menulis tentang keuntungannya untuk setiap orang, menunjukkan sikap yang menyenangkan.
Kata kunci : everyone will benefit

0 comments:

Posting Komentar